Dewan Kebudayaan Kab. Garut Tanam Samida di UNIGA

UNIGA – Telah dilaksanakan penanaman Pohon Samida di Lingkungan Universitas Garut oleh Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng bersama Ketua Paguyuban Melak Samida Jawa Barat, Prof. Usep Sutisna dan Ketua Dewan Kebudayaan Kab. Garut (DKKG), Irwan Hendrasyah, SE pada Senin, 18 Juli 2022.

Rektor Universitas Garut mengungkapkan bahwa penanaman Pohon Samida ini merupakan komitmen Universitas Garut dalam menjaga dan memelihara budaya, salah satunya budaya memelihara tanaman, “Karena tanaman ini adalah tempat kita berlindung dan meneduhi kita semua, ini juga menjadi simbol keterpaduan antara masyarakat untuk semakin kompak guna membangun daerah yang kita cintai.” ungkapnya.

“Kita juga ingin mengajak anak-anak mahasiswa bersama bersatu padu untuk memelihara budaya-budaya kita, semoga hal ini bisa terus kita pelihara dan tingkatkan.” lanjut Syakur.

Ketua Paguyuban Melak Samida Jawa Barat, Prof. Usep Sutisna menjelaskan bahwa paguyubannya akan terus berupaya untuk bergerak dan menggalakan penanaman Pohon Samida ini di bebagai tempat khususnya tatar sunda, “Kita akan melihat adanya kehadiran Pohon Samida warisan budaya Maharaja Pakuan Padjajaran. Kami mengharapkan tidak hanya hari ini, tapi Uniga kedepannya akan terus mengembangbiakkan pohon ini, yang akan memperkuat dan memperindah tatar sunda ini.” jelasnya.

Ketua Dewan Kebudayaan Kab. Garut (DKKG), Irwan Hendrasyah, SE mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak-pihak yang berpartisi langsung dalam aksi penanaman Pohon Samida ini, “Setelah sebelumnya menanam pohon ini di Pendopo Garut dan di DPRD Kab. Garut. Saat ini kami mengarahkan untuk menanamnya di Uniga, karena Uniga merupakan salah satu kampus terkemuka di Garut, selain itu sahabat dan para penggiat budaya yang merupakan mahasiswa unggulan, ada di Universitas Garut.” jelasnya.

“Saya percaya, disini pohon ini bukan hanya akan dirawat, namun akan dikembangkan dan dilestarikan hingga Uniga menjadi barameter bagi universitas lain.” tutup Irwan.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.