Melalui PKKMB, UNIGA Lantik 1.650 Mahasiswa Baru

UNIGA – Sebanyak 1650 mahasiswa baru Universitas Garut ikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2022/2023 dengan tema “Melalui Kampus Merdeka Untuk Mewujudkan Mahasiswa yang UTAMA (Unggul, Tangguh, dan Mandiri)” pada Selasa (20/9/2022).

Seperti tahun sebelumnya, hari pertama kegiatan PKKMB kali ini digelar secara hybrid, yaitu secara luring untuk kegiatan pelantikan bagi perwakilan mahasiswa/i baru, serta melalui aplikasi Zoom Meeting dan live streaming Youtube bagi seluaruh mahasiswa/i baru. Meskipun begitu, pelaksanaan PKKMB pada hari kedua dan ketiga digelar secara luring di Pascasarjana dan tiap Fakultas masing-masing.

Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengucapkan selamat kepada mahasiswa/i baru yang baru saja dilantik pada acara PKKMB sehingga mulai saat ini sudah resmi menjadi mahasiswa/i Universitas Garut, “Ini merupakan momen bagi mahasiswa/i baru Universitas Garut untuk bisa mengenal kampus, mulai dari sistem pembelajarannya, sistem SKS, dan yang tak kalah penting adalah partisipasi mahasiswa yang ikut aktif dalam program-program pemerintah seperti Kampus Mengajar yang saat ini banyak diminati oleh mahasiswa.” jelasnya.

Ketua pelaksana PKKMB 2021 yang juga merupakan Wakil Rektor III Universitas Garut Bidang Kemahasiswaan, Iman Saifullah, S.Pd.I., M.Pd.I menyampaikan bahwa pada tahun ini mahasiswa baru Universitas Garut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya, “Hal ini juga mungkin disebabkan karena pandemic sudah mulai melandai, sehingga pendaftar juga mulai mengalami peningkatan kembali. Syukur Alhamdulillah.” Ungkapnya.

Lebih lanjut, mahasiswa baru akan mendapatkan materi-materi dari berbagai narasumber, diantaranya Dandim 0611 Kab. Garut, Letkol Czi Dhanisworo, S. Sos, Kepala BNN Kab. Garut, AKBP. Deni Yusdanial, S.IP., M.H., Kapolres Kab. Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si., serta materi dari para Pimpinan Internal Universitas Garut.

Total ada 1650 mahasiswa baru yang terdiri dari 44 mahasiswa Program Pascasarjana, 138 mahasiswa FISIP, 272 mahasiswa FMIPA, 44 mahasiswa Fakultas Teknik, 494 mahasiswa Fakultas Ekonomi, 105 mahasiswa Fakultas Pertanian, 227 mahasiswa FPIK, serta 249 mahasiswa FKOMINFO, dan 77 mahasiswa Fakultas Kewirausahaan.