1.509 Mahasiswa Baru Universitas Garut Ikuti PKKMB 2023 Selama 3 Hari

Uniga – sebanyak 1.509 mahasiswa baru Universitas Garut (UNIGA) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2023/2024. Kegiatan PKKMB ini diadakan dalam rangka mengenalkan kehidupan kampus kepada para mahasiswa baru. Pembukaan PKKMB 2023 yang diadakan pada hari Senin, 19 September 2023 dilakukan secara luring yang bertempat di Area Kampus Utama Universitas Garut Jl. Samarang No. 52 A Tarogong Kaler- Garut.

Kegiatan PKKMB Uniga yang dibuka oleh Ketua Senat Uniga Prof. Dr. H. Endang Soetari, MS., juga disiarkan secara langsung melalui chanel YouTube PKKMB UNIGA 2023, pada tahun ini PKKMB Uniga ini mengusung tema “Mewujudkan Mahasiswa Berbudaya menuju Indonesia Jaya”.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Senat Universitas Garut Prof. Dr. H. Endang Soetari, MS., Bendahara Yayasan Universitas Garut Prof. Dr. H. Hilmi Aulawi, ST., MT., Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng., IPU. Para Guru Besar diantaranya Prof. Dr. Hj. Ikeu Sartika Iriany, MS., Prof. Dr. Hj. Ikeu Kania, M.Si. Wakil Rektor I bidang Akademik Dr. Ijudin, M.Ag, Wakil Rektor II Bidang Keuangan dan Administrasi Umum Dr. Nizar Alam Hamdani, MM.,MT.,M.Si, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Iman Saifullah. M.Pdi, direktur Pascasarjana Dr. Gugun Geusan Akbar, M.Si, Dekan Fisip Abdullah Ramdhani, SE., M.Si. Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Wati Susilawati, S.E., M.Si, Dekan FPIK Dr. Hj. Hilda Ainissyifa, M.Ag., Dekan FKOMINFO Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah, MS. Dekan Faperta Dr. Tintin Febrianti. SP., M.P, Dekan FMIPA Dr. Hj. Siva Hamdani, MARS. M.Farm. Dekan Fakultas Kewirausahaan Dr. H. Sukma Nugraha, MM. serta para pimpinan lainnya di lingkungan Universitas Garut.

Dalam penyampaian sambutanya,Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng., IPU. mengatakan, bahwa kegiatan PKKMB ini dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 September 2023 dengan rincian agenda, pada 19 September opening PKKMB tingkat Universitas, sedangkan Tanggal 20 -21 September merupakan PKKMB tingkat fakultas dan diakhiri dengan penutupan.

Rektor Uniga menambahkan bahwa kegiatan PKKMB Uniga tahun ini diikuti 1.509 mahasiswa baru dan masih bisa bertambah menunggu Mahasiswa baru dari Jalur KIP Kuliah sekitar 200 mahasiswa, adapun 1.509 mahasiswa tersebut terdiri dari : Program Pascasarjana 35 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 89 mahasiswa, Fakultas Pertanian sebanyak 92 mahasiswa, F-MIPA sebanyak 202 mahasiswa, Fakultas Teknik sebanyak 51 mahasiswa, Fakultas Komunikasi dan Informasi sebanyak 233 mahasiswa, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan 283 mahasiswa, Fakultas Kewirausahaan 94 mahasiswa dan Fakultas Ekonomi sebanyak 430 mahasiswa.

Ditambahkan juga beberapa mahasiswa Universitas Garut mengikuti program Pertukaran mahasiswa dengan dua kategori yaitu outbound mahasiswa yang dikirim kuliah di luar kampus Universitas Garut mereka disebar dari mulai banca aceh sampai sorong papua sebanyak 38 mahasiswa, serta kategori inbound yaitu Universitas Garut menerima 29 mahasiswa yang akan ikut kuliah satu semester yang berasal berbagi Perguruan TInggi diantaranya dari Medan, Riau, Jambi, Kupang, Makasar, Palangkaraya, Manado, wamena dan Sorong.

Tujuan umum kegiatan PKKMB ini adalah pengenalan kepada mahasiswa baru agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus. Sesuai dengan arahan kementerian tentang pedoman PKKMB dan sejalan dengan visi dan misi Universitas Garut, maka PKKMB disusun dengan memberikan materi yang antara lain: Kehidupan berbangsa bernegara dan pembinaan kesadaran bela negara, sistem pendidikan tinggi, perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0,. Pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap intelektual, anti kekerasan seksual, anti perundungan, anti narkoba, anti korupsi dan kampus sehat.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Hilmi Aulawi, ST., MT. mewakili ketua Umum Yayasan Universitas Garut mengatakan bahwa PKKMB ini merupakan program strategis sebagai pintu masuk untuk mengenali secara langsung dan baik tentang Universitas Garut yang merupakan proses awal dalam meraih kesuksesan, meningkatnya tingkat intelektual seseorang dari pelajar menjadi mahasiswa hakekatnya adalah proses mengasah kedewasaan serta semakin toleran terhadap lingkungan, proses perkuliahan merupakan pilihan untuk terus berjuang dan berkompetisi, saat jadi pelajar kalian masuk sama-sama dan lulus pun sama-sama, tetapi saat kuliah masuk bisa bersama-sama tapi saat lulusnya bisa berbeda-beda, disinilah kalian diajarkan untuk terus berkompetisi sehingga potensi kalian bisa menghasilkan sebuah karya yang optimal, “ kembangkan potensi seoptimal mungkin, jadikan kampus sebagai rumah belajar kalian serta perluas lingkungan dengan berbagai aktivitas intra dan ekstra kampus, karena konektivitas dan relasi pada saat ini merupakan sesuatu yang amat penting bagi perkembangan karir kalian”. Ungkapnya.