Siap Go Internasional, Mahasiswa Fikom Uniga gelar Pelatihan Table Manner

Garut – Sebagai persiapan menjadi calon  public relation, sebanyak 115 Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom Uniga) Semester IV mengi­kuti pelatihan jamuan makan in­t­ernasional atau table manner. Kegiatan yang turut dihadiri Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, De­kan Prof Dr Hj. Ummu Salamah, MS. Wakil Dekan II Dr. Hj. Novie Susanti Suseno, SE, M.Si serta Wakil Dekan III Iis Zilpah Adnan, M.Si serta Narasumber serta Dosen Pembimbing Praktik Dr. Hj. Mulyaningsih, M.Si dan Chandra Hendriyani, S.Sos., M.Si dilaksana­kan di Hotel Sumber Alam Cipanas Garut, Rabu (10/5).

Kegiatan ini dianggap penting karena me­rupakan kegiatan pendukung dalam prak­­tikum public relation khsusunya pengem­ba­­ngan diri, etika profesi dan berbagai ma­ta kuliah lain yang berkaitan pada Pro­gram Studi Public Relation.

Rektor Uniga Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng saat menyaksikan acara tersebut mengungkapkan ke­giatan ini dimaksudkan untuk memberi pe­ngetahuan dan sekaligus mempraktek­kan tata cara dan etika di meja makan da­­lam acara jamuan makan Internasional, bagi mahasiswa, Table Maner ini merupakan bagian dari peningkatan kemampuan mamahsiswa terutama dalam public speaking, attitude serta etika dalam berkomukasi, berkomikasi itu tidak hanya bagaimana cara kita berbicara tapi sikap dan cara kita dalam menerima tamu, partner bisnis serta dalam melakukan negosiasi ketika mahasiswa terjun di dunia kerja nyata itu sangat dibutuhkan, “kedepan sangat dimungkinkan tidak hanya dilakukan di fakultas komunikasi tetapi diharapkan semua fakultas yang ada di Uniga bisa melaksanakan praktikum seperti ini, komunikasi merupakan media yang pertama disuguhkan saat kita melakukan negoasiasi atau mempromosikan sesuatu, era globalisasi dan keterbukaan menjadikan penampilan serta cara berkomunikasi dengan pihak lain merupakan keniscayaan yang perlu dibenahi” ungkapnya.

Sedangkan Dekan Fikom Uniga Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah, MS. Mengungkapkan kegiatan Table Manner ini merupakan upaya Fikom Uniga untuk mempersiapkan alumninya Go Internasional, “alumni fikom uniga harus siap bersaing serta siap memenuhi tantangan global, dunia kerja saat ini sudah tidak ada lagi skat antar negara dimanapun dan kapanpun harus siap, sehingga pelatihan atau pendidikan untuk peningkatan skill seperti ini sangat mendesak dilakukan”

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore tersebut menampilkan salah satu pembicara Chandra Hendnriyani, S.Sos., M.Si “Calon lulusan sekretaris harus meng­ua­sai table manner. Kenapa? Dalam ber­bagai kegiatan diplomasi pimpinan dengan mitra usaha seringkali terjadi ber­ba­gai ne­go­siasi, lobi, maupun pembicaraan bersifat in­formal serta acara-acara tertentu dila­kukan di meja makan yang kemudian di­akhiri dengan makan bersama. Oleh ka­rena itu, seorang calon lulusan sekretaris ha­rus menguasai table manner ini,” jelas­nya.

Selain itu, untuk menjadi Seorang Public Relation profesional diharapkan mampu me­na­mpilkan dan menguasai berbagai ma­cam tanggung jawab tugas dengan penuh kompetensi, dapat dipercaya dan berkepribadian. Sehingga tujuan perusahaan akan secara efektif tercapai.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *