Webinar Kerjasama Pascasarjana UNIGA dengan FIA Universitas Subang Menghadirkan Ph. D. Candidate di KU Leuven Belgia

Berita

UNIGA – Program Pascasarjana Universitas Garut kembali mengadakan webinar kerjasama, kali ini Program Studi Magister Ilmu Administrasi Negara Pascasarjana UNIGA bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang menyelenggarakan webinar dengan tema “A Breakthrough Approach on Reseach Methodology and Data Analysis (Langkah Terobosan untuk Metodologi Riset dan Analisis Data)” pada Kamis (19/8/2021).

Webinar yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting ini menghadirkan narasumber yang luar biasa yakni Anton Abdul Fatah, S.A.B., M.P.A. seorang Ph. D. Candidate di University of Leaven, Belgia.

Rektor Universitas Garut, Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Anton Abdul Fatah, S.A.B., M.P.A. yang telah bersedia hadir dan memberikan materi pada webinar kali ini, “Saya sangat berterimakasih kepada Pak Anton yang sudah bersedia menghadiri webinar ini, meskipun jauh dari Belgia tapi kita bisa berkumpul dan bertemu pada webinar ini dalam keadaan sehat walafiat.” ungkapnya.

“Kami berkomitmen agar bisa meningkatkan berbagai kerjasama, salah satunya adalah webinar ini yang merupakan implementasi dari kerjasama Program Pascasarjana UNIGA dengan Fakultas Ilmu Administrasi UNSUB. Semoga webinar ini bisa terselenggara dengan lancar.” tambah Syakur kemudian meresmikan pembukaan acara webinar.

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang, Dr. H. Iwan Hendri Kusnadi, S.Sos, M.Si juga menyampaikan hal serupa, “Alhamdulillah saat ini kita dapat bertemu masih dalam suasana kemerdekaan dan tahun baru Islam, semoga acara ini bisa berjalan dengan penuh keberkahan. Mudah mudahan kita semua menjadi insan yang iman dan takwa serta memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi.” ujarnya. Lebih lanjut beliau menyampaikan harapannya agar bisa bertemu dan bersilaturahmi secara langsung di masa yang akan datang.

Direktur Proram Pascasarjana UNIGA, Dr. Gugun Geusan Akbar, S. Sos., M.Si menyampaikan bahwa webinar ini merupakan bentuk dari langkah terobosan dalam rangka memberikan kontribusi atas permasalahan bangsa melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan adanya kolaborasi ini kami mengharapkan bahwa penggunaan teknologi bisa menjadi terobosan untuk menunjang riset dan analisis data dimana teknologi saat ini sangat diandalkan.

Anton Abdul Fatah, S.A.B., M.P.A. narasumber pada webinar kali ini menyampaikan materi-materi mengenai dataset dan analisis data, seperti Reseach Milestones yang meliputi persiapan (proposal), pengumpilan data, olah data & penulisan dan presentasi & publikasi.

“Ada 6 dataset Indonesia yang tersedia untuk penelitian, yakni Indodapoer (Indonesia Database for Policy and Economic Reseach), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, The Indonesia Family Life Survey (IFLS), Data Programme for International Student Assessment (PISA), Dataset PODES dari BPS, serta Microdata World Bank,” jelasnya menyampaikan pemaparan dataset yang bisa digunakan untuk penelitian.

Ditengah pemaparannya, Anton melakukan beberapa polling melaui laman slido.com untuk melihat tanggapan dan jawaban dari para peserta mengenai beberapa topik yang diajukan.

Anton mengharapkan goal dari pemaparannya dapat tercapai, diantaranya adalah pengetahuan mengenai dataset yang bisa dijadikan bahan penelitian, bisa memunculkan beberapa ide penelitian dari data-data yang ditampilkan, serta adanya diskusi untuk kolaborasi dan rencana aksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *