Webinar Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Garut

Berita

UNIGA – Universitas Garut bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut telah menyelenggarakan Webinar Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dengan tema “Bagaimana Virus Covid-19 Terutama Varian Baru Bisa Menular Kepada Kita?” melalui aplikasi Zoom Meeting, pada Sabtu (17/7/2021).

Webinar ini mengundang antusiasme peserta dimana diikuti oleh hampir 300 orang peserta baik dari kalangan dosen, mahasiswa, tenaga kesehatan, serta masyarakat umum. Webinar sosialisasi ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Garut Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng. dimana beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan webinar ini merupakan bentuk sinergitas antara Universitas Garut dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dalam memerangi Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Garut. Beliau juga menyampaikan hasil olah data mengenai perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut yang masih terbilang fluktuatif.

Webinar kali ini menghadirkan Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Garut, Dr. Asep Surahman, SKM., MKM. yang membahas secara mendalam mengenai Covid-19, mulai dari asal muasal datangnya virus, jenis-jenis virus, proses penyebaran, upaya pencegahan, hingga membahas berbagai hoax yang beredar dikalangan masyarakat mengenai Covid-19.

“Seperti yang kita ketahui bahwa Virus Corona ini berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei, China dimana pada saat ini virus tersebut sudah muncul varian terbarunya yang lebih berbahaya dan lebih cepat menyebar. Namun ditengah situasi seperti ini banyak hoax yang menyebar, mulai dari merokok yang dapat membunuh virus corona, bawang putih yang dapat mencegah penularan, konsumsi alkohol yang dapat mematikan Virus Corona, dan masih banyak lagi hoax lain yang beredar dan belum diuji kebenarannya” ujarnya menjelaskan.

Beliau juga menyampaikan alasan mengapa pelaksanaan vaksin sangat penting, “Vaksin merupakan salah satu yang paling penting, sebab vaksin memiliki manfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi resiko terjadinya penularan, mengurangi dampak berat ketika terjadi penularan, serta menekan angka pelularan dan kematian.” lanjutnya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan agar kita senantiasa selalu menerapkan protokol kesehatan 5M, vaksinasi, serta mematuhi aturan PPKM sehingga trend perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Garut dapat menurun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *