Webinar Kampus Merdeka, Prof. Dr. H. Uman Suherman: Semangat Merdeka Belajar Untuk Menyuburkan Kreativitas Generasi Unggul

Berita

UNIGA – Webinar Kampus Merdeka bersama salah satu Guru Besar dalam bidang Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Prof Dr. H. Uman Suherman, AS., M.Pd telah selesai dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin (12/7/2021).

Webinar ini dihadiri oleh lebih dari 200 orang partisipan yang diantaranya adalah Rektor Universitas Garut Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Ijudin, M.Ag., Wakil Rektor bidang Keuangan Dr. H. Nizar Alam Hamdani, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaa (PJS) H. Yufi Nasrullah, M.Ag, para pimpinan, jajaran dosen, citivas akademika serta mahasiswa Universitas Garut.

Seperti yang kita ketahui program-program yang diselenggarakan oleh Kampus Merdeka seperti Program Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, serta Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat begitu banyak diminati oleh mahasiswa, hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Garut Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, dalam sambutannnya, “Saya sangat mengapresiasi mahasiswa-mahasiswa khususnya dari Universitas Garut yang aktif dan semangat mengikuti program-program yang diselenggarakan oleh Kampus Merdeka, hal ini tentu sangat baik tentunya, bukan hanya bagi Universitas, tapi bagi mahasiswa juga yang bisa merasakan pengalaman pengabdian di luar kampus.” ungkapnya.

Prof Dr. H. Uman Suherman, AS., M.Pd memaparkan materi mengenai Kampus Merdeka, dimana kampus yang merdeka adalah kampus yang mengapresiasi setiap kreatifitas dan akuntabilitas mahasiswa sehingga Universitas Garut mampu berkompetisi bukan hanya di tingkat nasional, melainkan internasional.

“Kampus Merdeka dibangun dengan memiliki tiga ekosistem, yakni Kampus Sehat, Kampus Aman dan Kampus Nyaman. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi UNIGA, dimana hasil dari Kampus Merdeka ini pada akhirnya merupakan ‘Kepercayaan’ melalui, daya serap lulusan, akreditasi program studi, posisi perankingan, kerjasama antar PT hingga kerjasama dunia industri. Jadi mari kita ubah tantangan jadi peluang dan mengubah masalah jadi hikmah.” paparnya.

“Kampus merdeka adalah kampus yang bisa menentukan masa depan, melihat potensi mahasiswa dan memberikan dukungan dengan kurikulum dan sumber daya yang terbaik. Sehingga mahasiswa merasa mereka bisa mengembangkan potensinya menjadi kompetensi dan ketika lulus sudah siap berkompetisi. ” tambahnnya.

Beliau juga menjelaskan bahwa Kampus Merdeka bukanlah kampus yang dipaksa untuk melaksanakan program, karena jika dipaksa sudah bukan merdeka lagi namanya.

Lebih lanjut, beliau sangat mengapresiasi penyelenggaraan webinar pada hari ini, beliau merasa bangga dengan adanya UNIGA di Kabupaten Garut yang dipercaya oleh masyarakat sebagai universitas yang merdeka dan memiliki daya saing tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *