UNIGA Melakukan Kunjungan Kerjasama Ke LAPAN Garut

Berita

Garut – Ketua Bidang Kerjasama Universitas Garut Dr. Widaningsih, M.SI melakukan kunjungan ke Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Kabupaten Garut pada Jum’at, 11 Juni 2021. Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BUTPAA) Garut Unggul Satrio Yudhotomo, S.T. didampingi oleh Kepala Sub Bagian Umum (Kasubbag Umum) Ayi Kusmayadi, SH di Kantor Administrasi LAPAN Garut, Jl. Cilautereun, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Kunjungan kerjasama UNIGA ke LAPAN Garut ini dilandasi dengan adanya rencana Universitas Garut membuka vokasi untuk beberapa program studi, dimana salah satu syarat mebuka vokasi dari DIKTI adalah harus ada kerjasama dengan dunia industri.

“Jadi UNIGA berencana membuka vokasi, salah satunya untuk Fakultas Teknik dan persyaratan dari DIKTI harus ada kerjasama dalam pembuatan kurikulum lokal antara Universitas dengan dunia industri dan LAPAN adalah salah satu yang diinginkan oleh UNIGA untuk bekerja sama.” Ungkap Widaningsih.

“Kami ingin lulusan dari vokasi kami sudah tau sejauh mana apa yang akan mereka lakukan di tempat pekerjaan mereka masing-masing. Karena memang vokasi itu kan orientasinya pada dunia kerja langsung, jadi kami bermaksud menerjunkan mahasiswa magang di LAPAN ini.” Sambungnya.

Kepala Sub Bagian Umum (Kasubbag Umum) Ayi Kusmayadi, SH mengatakan bahwa tentu itu adalah bagian dari pada pelayanan kerjasama LAPAN dengan dunia pendidikan, jadi hubungan kerjasama ini bisa saling melengkapi.

Senada dengan Kasubbag Umum, Kepala Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BUTPAA) Garut Unggul Satrio Yudhotomo, S.T. juga dengan senang hati akan bekerja sama dengan UNIGA, namun untuk penandatanganan MoU atau MoA tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat karena LAPAN akan melebur ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). “Untuk penandatanganan MoU atau MoA sepertinya akan tertunda, karena bulan depan kami demisioner, akan melebur ke BRIN. Untuk saat ini kerjasama bisa tetap berjalan dan untuk penandatangan legalitasnya itu setelah ada kejelasan status kelembagaan dari pihak kami.” Jelasnya.

“Jangan khawatir kami akan secepatnya menghubungi pihak Universitas jika sudah bisa melaksanakan penandatanganan MoU, kami akan langsung urus segera.” Sambungnya.

Lebih jauh Ketua Bidang Kerjasama Universitas Garut Dr. Widaningsih, M.SI sangat berharap LAPAN dapat memuka peluang bagi UNIGA untuk melakukan kerjasama kedepannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *