Fakultas Kewirausahaan UNIGA Kembali Buka Laboratorium Bisnis Integrated Farming

Berita

UNIGA – Sabtu (22/5/2021) Universitas Garut mengunjungi sebuah kawasan pertanian yakni Laboratorium Bisnis Kewirausahaan Universitas Garut dengan nama Laboratorium Integrated Farming alias Pertanian Terpadu yang terletak di Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kewirausahaan Universitas Garut Teten Mohamad Sapril Mubarok, M.Pd., M.M mengemukakan bahwa laboratorium ini dinamakan Integrated Farming (Pertanian Terpadu) karena kegiatan di laboratorium ini satu sama lain terpadu, mulai dari sektor pertanian, peternakan dan kewirausahaan. “Kita hanya di bidang bisnisnya saja, sedangkan untuk aktivitas utamanya bertani dan beternak kita sudah kolaborasi dengan Fakultas Pertanian Universitas Garut”, ungkapnya.

“Saat ini di laboratorium sudah ada 2000 ekor ayam petelur yang siap dibudidayakan. Selain ayam petelur, ada beberapa komoditas lainnya juga yang mulai dikembangkan di laboratorium ini seperti sayuran, mulai dari wortel, labu madu, bawang daun, sawi putih, jagung dan lain sebagainya”, lanjutnya.

Senada dengan penuturan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kewirausahaan, Dekan Kewirausahaan Universitas Garut H. Sukma Nugraha, SE., MM. juga menyampaikan bahwa peran sinergitas memang harus terbangun. Beliau berharap laboratorium ini pada prakteknya dapat berkolaborasi dengan fakultas lain misalnya pertanian dan peternakan, sehingga tercipta sinergitas dari sisi wirausaha juga. “Semuanya diarahkan untuk pembelajaran mahasiswa,” tuturnya.

Komandan Batalyon Infanteri Yonif Raider 303 Kostrad, Mayor Inf Mohamad Sujoko berpendapat bahwa menurutnya ini adalah langkah yang sangat baik, terutama untuk kewirausahaan di sekitar kawasan Cikajang, karena ditengah perekonomian masyarakat yang turun akibat pandemi Covid-19, laboratorium kewirausahaan ini hadir dan diharapkan bisa membuka peluang usaha yang baru dari segi pertanian dan peternakan, sehingga bisa dijadikan sektor pemulihan ekonomi pasca pandemi. “Sangat bermanfaat sekali,” ungkapnya.

Terkait dengan hal ini, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ijudin, S.Ag., M.Si. juga memiliki harapan yang sama terutama untuk mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi. “Saya harap kolaborasi antar fakultas khususnya dibidang kewirausahaan, bisnis, ekonomi dan agrobisnis bisa mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat”, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *