Pendidikan IPA FPIK Uniga Desain Pembelajaran IPA dengan Pemanfaatan Barang di Rumah

Berita

Uniga – Program Studi (Prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK) Universitas Garut (UNIGA) menggelar webinar dengan tema “Pembelajaran IPA dengan Memanfaatkan Barang Sekitar Rumah di Masa Pandemi Covid1-19” melalui media Video Conference, Rabu (17/6/2020).

Webinar yang dibuka Dekan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK) Universitas Garut (UNIGA)  Dr. Hj. Hilda Ainisyfa, M.Ag ini menghadirkan Muhamad Imaduddin, M.Pd., M.Si (Dosen Tadris IPA IAIN Kudus), Abdul Latip, M.Pd (Dosen Pendidikan IPA UNIGA). Menurut Ketua Program Studi Pendidikan IPA Yuli Andriani, M.Pd, Webinar ini dihadiri Guru dari berbagai jenjang (SD, SMP, SMA, SMK) dari berbagai kota, Dosen dari berbagai Perguruan Tinggi Se-Indonesia diantaranya: dari wilayah sumatera dari UNIMED, UMRI, Jawa dari IAIN Kudus, Universitas Veteran Semarang, Universitas Terbuka, IAIN Palangkaraya. dan dari wilayah Maluku IAIN Ambon serta Mahasiswa dari berbagai kampus,

Dalam sambutanya Dekan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK) Universitas Garut (UNIGA)  Dr. Hj. Hilda Ainisyfa, M.Ag mengapresiasi Prodi Pendidikan IPA yang berinisiatif untuk mengadakan kegiatan positif yang dapat menambah pengetahuan baru di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini. Ia berharap, webinar ini mampu melahirkan alternatif pembelajaran dengan memaksimalkan atau memanfaatkan barang  yang ada di rumah tentunya dengan tetap menjaga anjuran pemerintah mengenai pelaksanaan protokoler kesehatan. “Kita berharap webinar ini bukan hanya sekedar aktivitas mengisi waktu luang dimasa pandemi tapi harus benar-benar mampu diimplementasikan secara baik sehingga mampu mengedukasi para guru serta mahasiswa calon guruk hususnya dan umumnya masyarakat” ungkapnya.

Sedangkan Menurut Ketua Program Studi Pendidikan IPA Yuli Andriani, M.Pd, webinar ini bertujuan mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh di era pandemi covid-19. “Guru dituntut  lebih kreatif dalam mengemas pembelajaran IPA, Selain itu pembelajaran jarak jauh menuntut peran serta orang tua dalam mendampingi anaknya, melalui webinar ini diharapkan Para Guru khususnya dan orang tua, mengetahui berbagai alternatif pembelajaran IPA yg bisa dilaksanakan dg memanfaatkan barang2 di Sekitar Rumah” ungkap Yuli.

Muhamad Imaduddin, M.Pd., M.Si (Dosen Tadris IPA IAIN Kudus) memaparkan beberapa materi yang berkaitan dengan Sains dan Keluarga, mengotimalkan pembelajaran IPA dengan memanfaatkan barang di Sekitar Rumah sedangkan, Abdul Latip, M.Pd (Dosen Pendidikan IPA UNIGA) menyampaikan materi yang berkaitan dengan Penerapan “Design Thinking Process” dalam Penyelesaian Project sains yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *