FPIK Uniga Gelar Study Budaya ke Saung Angklung Udjo

Berita Kegiatan

Garut.Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut mengadakan agenda Study Budaya di Saung Angklung Udjo dalam rangka “mahasiswa melek terhadap budaya Nusantara” yang bertempat di Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192 (12/03/2020).

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan FPIK UNIGA yang bekerjasama dengan Saung Angklung Udjo. Yang mana, didalamnya Mahasiswa diajarkan tentang kesenian bambu terutama Angklung.

  1. Yufi Muhammad Nasrulloh, S.Pd.,M.A yang dalam hal ini selaku Wakil Dekan 3 bidang kemahasiswaan mewakili Dekan FPIK dalam prakatanya sebelum pemberangkatan menuju lokasi saung angklung Udjo menuturkan; kegiatan Study Budaya ini selain memperkenalkan seni angklung, kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan mahasiswa melek dalam pengembangan budaya terutama yang ada di indonesia.

“kami berharap kegiatan ini dapat memotivasi para mahasiswa khususnya bagi Mahasiswa FPIK UNIGA untuk ikut andil dalam pengembangan budaya dalam hal ini budaya seni bambu dan mengkampanyekan nilai-nilai yang ada pada budaya tersebut ” ucap H Yufi.

Sementara itu Saung angklung itu sendiri sudah berdiri cukup lama yaitu dari tahun 1966 dengan pendirinya Bapak Alm. Udjo Ngalagena dengan bertujuan melestarikan budaya angklung sebagai seni dan identitas budaya yang mendunia.

“Kami berharap generasi sekarang dalam hal ini mahasiswa bisa mengembangkan budaya Sunda jangan gengsi. Karena sekarang pun lewat seni bambu bisa dikolaborasikan dengan lagu lagu modern yaitu seni bambu arumba. Asalkan kita siap memainkannya, kita sudah mengembangkannya. Intinya harus tetap semangat” ujar Ocha salah satu karyawan.

Dalam kegiatan tersebut diperkenalkan beberapa pertunjukan bambu yaitu, demonstrasi wayang golek, helaran, tari tradisional, angklung mini, arumba, angklung massal nusantara, angklung orkestra, dan yang terakhir pelatihan bermain angklung.

sumber : www.penoolis.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *