F-Teknik Uniga kembangkan Teknologi Sel Surya (Solar Photovoltaic)

Berita

Garut – Solar panel adalah pembangkit listrik yang menggunakan sel surya Solar Photovoltaic (PV). Teknologi ini mengubah sinar radiasi matahari menjadi energi listrik. Pembangkit listrik tersebut merupakan bentuk energi terbarukan dalam pemanfaatan salah satu sumber energi alternatif yang ramah lingkungan.

Indonesia sebagai negara tropis yang terletak di kawasan khatulistiwa, memiliki potensi energi matahari melimpah bersinar sepanjang tahun. Di mana radiasi harian rata-rata energi surya 4.8 KWh/m2. Karena itu, sistem panel surya dapat dipasang di seluruh wilayah Indonesia selama lokasi terkena sinar matahari dan tidak terhalang bayangan benda apapun. Demikian diungkapkan Redi Nuryadi, M.Pd praktisi sel surya Direktur PT. RG System salah satu nara sumber Kuliah Umum yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Universitas Garut (Uniga), Kamis (12/12/2019) di Auditorium F-Mipa Uniga Jl. Jati Tarogong Kaler Garut.

Mengingat potensinya sangat besar dan merupakan sumber energi tak terbatas serta ramah lingkungan, energi matahari dapat menjadi sumber energi utama di masa depan “Dengan digelarnya kuliah umum ini semoga teknologi ini bisa dikembangkan di kab Garut dan fakultas teknik Uniga diharapkan mampu menjadi pelopor pengembangan teknologi Solar Photovoltaic ini”.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Garut Drs. H. Muchtar, M.Si merasa bersyukur karena di lembaga yang ia pimpin sudah mulai mengembangkan teknologi yang diprediksi di masa yang akan datang menjadi energy utama menggantikan energy listirik saat ini,  “kami berharap teknologi sel surya solar Photovoltaic ini bisa dikembangkan lebih luas oleh mahasiswa kami, sehingga mampu memberikan manfaat bagi masyarakat yang tinggal di pelosok, saat ini teknologi Photovoltaic baru digunakan dikota kota besar, mudah-mudahan dengan adanya pengembangan teknologi ini, Fakultas Teknik Uniga bisa bekerjasama dengan desa-desa atau wilayah yang belum terjangkau” Ungkapnya.

Dalam kuliah umum pengenalan, penelitian dan pemanfaatan Sel Surya Solar Photovoltaic ini, Fakultas Teknik menghadirkan beberapa nara sumber diantaranya, Hugo Erawan, PhD. Peneliti Sel Surya dari Tohuku Universty Jepang.  Redi Nuryadi, M.Pd praktisi sel surya Direktur PT. RG System. Dan Tedy Mulyadi, ST., MBA. Dosen Fakultas Teknik Uniga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *