Fikom Uniga ajak Mahasiswa bijak Menggunakan Media Sosial

Berita

Garut – Media sosial sepeti Twitter, Facebook, Instagram, Whatsapp dan Blog, saat ini telah menjadi wahana yang turut mewarnai wacana di ruang-ruang publik. Media sosial dianggap lebih emansipatif dan egaliter, karena dapat langsung menyuarakan pandangan individu ke ranah publik. Namun demikian, media sosial perlu digunakan dengan bijak agar tidak mengubah budaya Indonesia yang toleran dan ramah.

Untuk itu Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Garut (Uniga) bersama Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengajak masyarakat umunya dan khsusunya kalangngan mahasiswa di Kabupaten Garut agar bisa bijak dan produktif dalam menggunakan media atau bermedia sosial hal tersebut disampaikan dalam acara seminar dengan tema “Bijak Bermedia Sosial “ yang digelar hari hari Rabu, 11/12/2019 di aula Fikom Uniga. Seminar tersebut terlaksana atas inisiasi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Garut (Uniga) dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Fikom Uniga Dr. Zikri Fachrul Nurhadi, M.Si, sekaligus sebagai ketua panitia acara mengungkapkan tujuan dari seminar ini adalah memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa, akademisi dlm hal ini Dosen tentang bagaimana bijak menggunakan media sosial agar lebih berhati hati. Selain itu sebagai update informasi, ajang silaturahim dan dapat membantu para mahasiswa yg sedang melakukan penelitian tugas akhir yg memang ada kaitannya dengan tema seminar ini.

Secara sederhana, menurut Dr. Zikri bahwa bijak bermedia sosial salah satu caranya yaitu dengan mengubah cara pandang kita untuk tetap konsisten menjaga NKRI dan kembali ke budaya Indonesia yang Toleransi, Ramah dan mengedepankan nilai nilai kesantunan berbahasa di media atau ruang ruang virtual. Acara seminar ini dilanjutkan dengan MoU antara Fikom Uniga dengan MAFINDO dalam hal tridharma Perguruan Tinggi.

Selain dihadiri 150 mahsiswa Ilmu Komunikasi Uniga, seminar ini dihadiri oleh Koordinator Mafindo Hadi Purnama, M.Si dan para narasumber yang memang sebagai pakar media sosial, turut hadir juga Dekan Fakultas ilmu komunikasi Prof Dr. Hj. Ummu Salamah, MS.

Dekan Fikom Uniga Prof. Dr. Hj. Ummu Salamah, MS. memberikan apresiasi dan bangga bahwa Fikom Uniga telah aktif menyelenggarakan kegiatan seminar sebagai sarana menyampaikan pesan kepada mahasiswa, tercatat dalam satu bulan ini sudah dua kali Fikom menyelenggarakan seminar degan tema yang hamper sama yaitu mengajak kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Prof. Dr. Hj. Ummu menambahkan “dalam media sosial tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari hari, akan tetapi kita harus tetap berhati dan bijak dalam menghadapi informasi yang sudah kebanjiran dewasa sekarang ini” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *