Tingkatkan Pelayanan, F-MIPA Uniga laksanakan Pelatihan bagi Tenaga Kependidikan

Berita

Garut – Keramahan dan cepat tanggap menjadi aspek yang sangat diperlukan dalam pelayanan publik, termasuk layanan di institusi perguruan tinggi. Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi mahasiswa, mitra, atau tamu, Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-Mipa) Universitas Garut (Uniga) mengadakan pelatihan bagi tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang dilaksanakan Kamis, (5/12/2019) di Kampus F-Mipa Uniga Jl. Jati Tarogong Kaler Garut

Saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara pelatihan tersebut Dra. Hj. Empat Fatimah seaku Wakil Dekan Kemahasiswaan F-Mipa mengungkapkan berharap dengan adanya pelatihan ini mampu meningkatkan kinerja dan soliditas tenaga kependidikan di Uniga, utamanya peningkatan Pelayanan terhadap mahasiswa/i, “pada hakekatnya kita bekerja tidak lagi tersekat-sekat di Fakultas tapi sudah bagian dari Uniga, artinya nama baik Uniga akan selalu melekat disetiap aktivitas, ciptakan citra yang baik, senyum, etika, sopan santun harus dijungjung tinggi, semua harus menjadi standar kinerja yang ada di lingkungan Uniga ” ungkapnya.

“Semua pelayanan di F-Mipa Uniga harus berbasis keramahan, santun serta cepat tanggap terhadap segala situasi yang terjadi, tidak pandang bulu semua harus mendapat pelayanan yang sama,” ungkap Dra. Hj. Empat Fatimah

Ia menyebutkan, pelatihan ini diikuti seluruh tenaga kependidikan yang ada di lingkungan F-Mipa Ungia yang terdiri dari sekretaris dekanat, sekretaris prodi, serta setiap tenaga kependidikan yang bertugas secara langsung melayani mahasiswa serta tamu.

Dra. Hj. Empat Fatimah menambahkan “Harus ada kerja sama antar departemen di fakultas untuk memberikan keramahan dan layanan yang baik, khususnya bagi mahasiswa, agar mereka merasa nyaman kuliah di F-Mipa khususnya dan umumnya Uniga karena layanannya baik dan cepat,”imbuhnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Dr. Novie Susanti Suseno, SE., M.Si. sebagai nara sumber dalam pelatihan tersebut, pentingnya menjaga sikap, gestur, serta cara berbicara yang baik dan ramah, di samping juga meningkatkan kualitas kinerja. “Layanan adalah hal yang fundamental dan diperlukan di setiap institusi. Apalagi institusi perguruan tinggi yang bersentuhan langsung dengan mahasiswa atau orang tua mahasiswa” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Dr. Novie memaparkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan layanan, baik dalam menerima tamu secara langsung maupun ketika menjawab telepon. Ia juga memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mempraktikkan langkah-langkah yang telah ia paparkan dan memberi masukan kepada para peserta.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat dalam memberikan layanan, diharapkan dapat terbentuk citra institusi yang baik dan membuat para stakeholder merasa nyaman. Selain itu, menurutnya, layanan yang baik dapat juga mendukung pencapaian target serta meningkatkan reputasi yang diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *