Bahas APBD dan APBN, DJPK gelar Goes to Campus di UNIGA

Berita Kegiatan

Garut, Univesitas Garut (Uniga) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) melaksanakan kegiatan “DJPK Goes to Campus”, Jum’at(18/10). Kegiatan yang bertemakan  “Mengenali dan Mengawasi #Uang Kita, Pengelolaan APBD dan APBN untuk Kesejahteraan Rakyat” “ tersebut dilaksanakan di Aula Fakultas Ekonomi Uniga. Peserta kegiatan yang berjumlah 300 mahasiswa merupakan mahasiswa Universitas Garut dan perwakilan kampus di wilayah Kabupaten Garut seperti STIE Yasa Anggana, Institut Pendidikan Indonesa (IPI) Garut,

Salah satu pembicara Rukijo, Sekretaris Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK)  menyampaikan materi tentang mengenali dan mengawasi APBN. Menurutnya, APBN itu mencakup unsur pendapatan dan belanja. Di dalam unsur pendapatan banyak item yang ada didalamnya, seperti pajak (ppn, pph, cukai, pbb dll). “Untuk non pajak seperti dari sumber daya alam yang dikelola, siapapun perusahaan yang mengelola, harus membayar kompensasi atas apa yang didapat,” ujarnya.

Sekretaris DJPK Rukijo, menambahkan acara “DJPK Goes to Campus” ini diharapkan akan memperkaya pengetahuan kepada mahasiswa tentang pengelolaan APBN dan APBD yang kesemuanya itu diperuntukan untuk kesejahteraan masyarakat, peran mahasiswa dalam ikut mengawasi penggunaan APBN dan APBD ditingkat daerah sangat penting sekali sehingga acara ini dijadikan agenda rutin DJPK dari kampus ke kampus sebagai upaya sosialisasi dan ketebukaan kepada msayarakat khususnya mashasiswa.

Sedangkan Encep Sudarwan Direktur Barang Milik Negara Ditjen Kekayaan Milik Negara mengungkapkan dengan acara ini kami berharap mahasiswa di Kabupaten Garut lebih mengenal tentang keuangan Negara, APBN, APBD, Dana Desa dan kekayaan milik Negara, kami ingin Uniga kedepan menjadi incubator atau center of excellence dalam meningkatkan pengelolaan dana desa, sehingga dana desa betul-betul bisa membangkitkan perekonomian di pedesaan dan banyak memberikan bermanfaat bagi masyarakat desa.

Rektor Universitas dalam sambutanya saat membuka acara DJPK Goes to Campus mengungkapkan Kami berharap setelah ini ada kegiatan kontribusi kampus untuk pembangunan desa di Kabupaten Garut. Rasanya sayang sekali jika dana yang begitu besar yang digelontorkan ke desa tidak memberikan manfaat bagi masyarakat,  “Salah satu fungsi pembangunan itu harus mengurangi kesenjangan sosial. Saya berharap mahasiswa dapat berperan aktif dalam meningkatkan pembangunan di Indonesia khsusunya di Kabupaten Garut,” katanya.

Rektor mengucapkan banyak terima kasih kepada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dan Direktirat Jendral Kekayaan Milik Negara  yang telah memberikan kepercayaan kepada Uniga sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik, “Kegiatan ini momentum berharga bagi mahasiswa untuk memperkaya pengetahuan dibidang tata kelola keungan Negara, terkadang banyak mahasiswa yang tidak memperoleh informasi yang proporsional tentang keuangan Negara salah satunya sektor pajak” ungkap Rektor

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *