Upacara Bendera UNIGA, Dandim 0611 jadi Inspektur Upacara

Berita Kegiatan

Garut – Dandim 0611 Letkol Inf. Erwin Agung Teguh Wilyono berkesempatan menjadi Inspektir Upacara dalam Upacara Bendera yang dilaksanakan oleh Universitas Garut, di Halaman Kampus Uniga Jl. Samarang No. 52 A, Kamis (17/10/19).  Upacara bendera tersebut merupakan upacara rutin bulanan, selain dihadiri langsung Rektor Universitas Garut Dr.Ir.H.Abdusy Syakur Amin, M.Eng turut hadir Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah para mahasiswa penerima beasiswa, dosen dan staf akademika Universitas Garut

Dalam sambutanya Dandim 0611 Letkol Inf. Erwin Agung Teguh Wilyono menyampaikan “Upacara Bendera yang dilaksanakan ini tidak dipandang sekedar melaksanakan agenda rutin bulanan yang bersipat seremonial semata. Upacara ini harus dimaknai dan digunakan sebagai media untuk meningkatkan semangat patriotisme, Cinta Tanah Air serta komitmen persatuan dan kesatuan, sehingga kita senantiasa dapat mengabdikan diri secara optimal kepada bangsa dan Negara” ungkapnya

Dandim 0611 Garut kembali mengingatkan akan peran mahasiswa sebagai Social Control, mahasiswa dapat menjadi kontrol bagi berjalannya pemerintahan. Baik dalam pembuatan kebijakan maupun peraturan yang dilakukan pemerintah. Mahasiswa juga bisa sebagai penyalur aspirasi masyarakat kepada pemerintah, dengan tidak melupakan nilai-nilai intelektual yang tertanam dalam diri mahasiswa, selain sebagai social control mahasiswa diharapkan mampu menjadi aset cadangan bangsa untuk melakukan perubahan.

Oleh karena itu sebagai mahasiswa sudah seharusnya mempersiapkan perubahan Pemikiran kritis, demokratis, dan konstruktif selalu lahir dari pola pikir para mahasiswa. Suara-suara mahasiswa kerap kali merepresentasikan dan mengangkat realita sosial yang terjadi dimasyarakat. diri sebagai garda penerus depan kita bangsa dimasa yang akan datang.

Sedangkan Rektor Uniga, Dr.Ir.H.Abdusy syakur Amin,M.Eng, mengatakan, upacara bendera kali ini selain sebagai upacara bendera rutin bulanan juga bertepatan dengan hari Kesadaran Nasional dan Alhamdulillah pada kesempatan ini Dandim 0611 bisa hadir selaku inspektur upacara. “Kami sudah mengundang beliau dan tidak kalah penting kita kedatangan Kapolres Garut, yang tadinya juga merencanakan Kapolres hadir bulan depan tapi karena beliau Hari ini saya senang sekali hari ini merupakan momen yang sangat membahagiakan civitas Garut karena ada 2 Forkopim Kabupaten Garut menghadiri upacara ini,” tandasnya

Dirinya menegaskan kembali komitmen seluruh Universitas Garut untuk ikut turut serta menjaga keamanan khususnya pelantikan presiden tahun tanggal 20 Oktober mendatang.

“Kami selalu terus menggelorakan Semangat cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara. komitmen kita pada Pancasila tidak kalah penting, selain itu juga tetap memberikan apresiasi kepada anak bangsa yang memiliki prestasi yang luar biasa,” ucapnya.

Dalam upacara tersebut, diwarnai dengan pemberian penghargaankepada para mahasiswa yang berprestasi diantaranya mahasiswa Uniga yang meraih medali di Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2019, Juara 2 Lomba Infografis tingkat Jawa Barat, Gempita Suara Uniga Juara 2 Paduan Suara tingkat Jawa Barat dan Para mahasiswa yang meraiih Beasiswa PPA tahun 2019.

“Ini artinya masyarakat Garut itu banyak yang memiliki prestasi di bidang olahraga nasional, dalam bidang yang kedua kita memberikan penghargaan kepada paduan suara Gempita Uniga yang menjadi juara 2 umum dalam paduan suara tingkat Jawa Barat dan juga tidak kalah penting kita memberikan simbolis beasiswa PPA bahwa kita ketahui bahwa pemerintah telah memberikan bantuan dalam prestasi akademik, mereka bisa lebih lancar dalam menjalankan perkuliahannya mereka,” ungkap Rektor .

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *