93 Dosen dari 6 PTS ikuti Bimtek PEKERTI di UNIGA

Berita Kegiatan

Uniga – Sebanyak 93 Dosen Muda dari 6 perguruan tinggi swasta mengikuti Bimtek Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang dilaksanakan dari mulai tanggal 26 s.d 30 Agustus 2019 di Kampus Universitas Garut (Uniga).  Acara Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala LLDIKTI Wil. IV Jawa Barat  Prof. Dr. Uman Suherman, AS., M.Pd. acara pembukaan dihadiri oleh Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, jajaran Pimpinan Uniga serta 93 dosen muda peserta Bimtek Pekerti.

Prof. Dr. Uman Suherman, AS., M.Pd. dalam sambutanya mengungkapkan pendidikan merupakan komponen yang memiliki peranan penting dalam membangun bangsa, kualitas suatu bangsa tergantung kepada kualitas pendidikan, sebagaimana kualitas universitas tidak akan baik jika kualitas fakultasnya juga tidak baik. kita mempunyai harapan besar dengan dilaksanakanya kegiatan Pekerti ini bisa meningkatkan mutu dosen, karena boleh jadi rendahnya partisipasi masyarat Garut terhadap perguruan tinggi bukan hanya persoalan ekonomi semata, tapi rendahnya ketertarikan masyarakat untuk menyekolahkan putra-putrinya ke jenjang perguruan tinggi, daya serap terhadap dunia kerja dan dunia usaha menjadi pokok persoalan sehingga mempengaruhi terhadap ketertarikan masyarakat terhadap perguruan tinggi, “Diharapkan dengan acara Pekerti ini perguruan tinggi memiliki tenaga pengajar/dosen yang mempunyai kualitas dan mutu yang baik, Seorang dosen tidak hanya mampu mengajar tapi yang utama mendidik, Transfer of Knowledge & Transfer of Culture, Dosen tidak hanya dituntut menyampaikan Ilmu sesuai dengan Kompetensinya tapi memberikan sesuatu yang menjadi tonggak keberhasilan masa depan seorang mahasiswa, Dosen harus menjadi standar kualitas hidup mahasiswanya” ungkapnya.

Sedangkan Rektor Universitas Garut (Uniga) Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng menyampaikan rasa bangga dan berbahagia kegiatan yang sangat dinantikan saat ini bisa dilaksanakan di Kampus Uniga dengan melibatkan 6 Perguruan Tinggi di Garut dan Tasikmalaya, kegiatan ini dalam upaya peningkatan kapasitas dosen dan September yang akan datang Uniga akan melakukan Uji Kompetensi bagi mahasiswa yg akan diwisuda,  sertifikasi kompetensi dari BNSP, ini menjadi jawaban tuntutan dunia kerja dan dunia usaha sehingga daya serap alumni perguruan tinggi bisa mengalami peningkatan yang cukup baik. Dosen dan mahasiswa sama-sama terus didorong untuk melakukan perubahan dan peningkatan kualitas. Rektor menyampikan terima kasih kepada semua pihak terutama kepada LLDIKTI Wil. IV Jawa Barat yang telah memberikan dukungan yang cukup besar sehingga acara ini bisa terlaksana dengan baik.

Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek Pekerti Dr. Novie Susanti Suseno, SE.,M.Si.Ak. menyampaikan Tujuan umum yang ingin dicapai dari program ini adalah untuk meningkatkan  dan mengembangkan pengetahuan dan wawasan tentang prinsip-prinsip pedagogik, metodologi dan keterampilan mengajar dosen di perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa.

Peserta pelatihan meliputi dosen dari  Universitas Garut, STTG, Institut Pendidikan Indonesia, STIE Yasa Anggana POLTEKKES Tasikmalaya, dan AMIK Garut, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 93 dosen, dengan pembagian sebanyak 3 kelas utama dan 12 kelas simulasi pembelajaran. Adapun tempat pelaksanaan PEKERTI yaitu di Gedung Baru Fakultas Ekonomi Universitas Garut. (abar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *