Rektor UNIGA lepas 1.175 mahasiswa laksanakan KKN Tematik 2019 di 6 Kecamatan

Berita

Uniga – Rektor Universitas Garut (Uiga) Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng. Senin (14/1/2019) di Kampus Uniga Jl. Samarang No. 52a Tarogong Kaler Garut melepas 1.175 mahasiswa untuk melaksanakan KKN Tematik Uniga tahun akademik 2018/2019. KKN yang bertemakan “Desa Membangun melalui Partisipasi Generasi Millenial yang Tangguh dan Berkualitas” ini berkangsungs selama 32 hari.

Ada yang berbeda pada KKN Tematik Universitas Garut (Uniga), bila biasanya KKN hanya melakukan kegiatan – kegiatan kemasyarakatan lainnya. Lain halnya dengan KKN Tematik Uniga kali ini mahasiswa ditekankan memberikan banyak edukasi kepada masyarakat.

Menurut Rektor Uniga mengatakan bahwa para mahasiswa harus diberikan penekanan tentang edukasi kepada masyarakat. Apakah edukasi tersebut berupa mitigasi bencana, kesehatan masyatakat dan pengembanngan ekonomi masyarakat.
“Ini yang cukup menarik bagi kita yakni karena hampir 1200 an mahasiswa kita ditempatkan di Garut selatan yang daerahnya cukup rawan bencana,” ucapnya saat ditemui di kantornya.
Untuk melakukan edukasi mitigasi bencana Uniga bekerjasama dengan BNPB Provinsi Jawa Barat. Nantinya para mahasiswa dan BNPB melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.
“Musim hujan dikita ini selalu ada rawan longsor, tsunami mengancam warga pantai selatan, belum juga gempa kita itu sudah satu paket” ucapnya.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan para mahasiswa bisa memberikan informasi mitigasi bencana kepada masyarakat khsusnya yang berada di wailayah rawan bencana.
“Hampir seluruh kecamatan di Garut selatan memiliki potensi rawan bencana dari mulai longsor, pergerakan tanah, sampai tsunami,” ucapnya.

Tidak hanya mitigasi bencana yang ditekankan mahasiswa juga ditekanka untuk membantu dan mendorong ekonomi masyarakat terutama potensi yang ada di desa.
“Diharapkan mahasiswa bisa ikut mendorong ekonomi masyarakat dan potensi masyarakat,” ucapnya.

Diharapkan juga mahasiswa bisa menjadi jembatan bahwa ada permodalan non Bank yang memiliki bunga yang cukup ringan. “Dan ini menjadi informasi yang baik untuk pengembangan ekonomi masyarakat yang terpaku pada lembaga perbankan,” ucapnya.

Sedangan Ketua Pelaksana KKN Tematik Uniga 2019 Prof. Dr. Hj. Ieke Sartika Iriany, MS. Mengungkapkan Selama 32 hari 1.175 Mahasiswa Universitas Garut (UNIGA) akan melaksanakan KKN di 6 Kecamatan yang ada di wilayah Kab. Garut diantaranya Kec. Talegong, Kec. Cisewu, Kec. Cisurupan, Kec. Sukaresmi, Kec. Pasirwangi dan Kec. Samarang. Mereka akan berpartisipasi dalam program Desa membangun di 65 Desa. Untuk memastikan sinergitas mereka dg masyarakat, Rektor UNIGA Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng. mengirimkan 141 Dosen yg akan membimbing dan memberikan arahan kepada mahasiswa terutama dalam pelaksanaan program unggulan diantaranya, Kebencanaan kerjasama dg BPBD Provinsi, Giji Buruk (Stunting) , Pariwisata dan Kerajianan Pertanian serta UMKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *