UNIGA Peringati Dies Natalis ke-20, Kegiatan apa saja yang akan digelar ?

Berita Kegiatan

Uniga  – Bulan Desember 2018 adalah merupakan bulan dimana Universitas Garut (UNIGA) tepat berusia 20 tahun, dalam peringatan hari lahir atau dies natalis yang ke 20 tersebut sejumlah acara penting dan menarik akan digelar oleh panitia pelaksana dies natalis, bahkan untuk mengawali menjelang acara puncak beberapa acara telah dilaksanakan oleh pihak panitia diantaranya seminar pendidikan yang dilaksanakan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK UNIGA) bertemakan “Infiltrasi Ekstrimisme, Kekerasan di Dunia Pendidikan” seminar yang banyak memberikan pencerahan tentang bahaya sikap intoleran, ekstrimisme, kekerasan serta mulai tumbuhnya eksklusifisme orientasi keberagaman di dunia pendidikan. Seminar tersebut menghadirkan narasumber Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, MT. serta DR. (Phill) Suratno. dilanjutkan dengan acara Kuliah Umum yang selenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UNIGA) dengan mengambil tema Manajemen Keuangan Sektor Publik dengan menghadirkan pembicara utama Anton Abdul Fatah, Ph.D. kedua acara tersebut digelar pada hari Jum’at 23 November 2018. Setalah acara tersebut masih dalam rangkaian dies natalis Uniga ke-20 Fakultas Matematika dan Ilmu Penegetahuan Alam (FMIPA UNIGA) juga menggelar acara serupa yang bertajuk “Urgensi E-Medical Service di Era Revolusi Industri 4.0”

Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengungkapkan Dies Natalis Uniga ke-20 merupakan momentum penting bagi Universitas Garut untuk merefleksikan apa yang telah diperbuat dalam perjalanan sejarahnya termasuk karya-karya yang telah ditorehkan olah para perintis maupun pendiri Universitas Garut. Usia 20 tahun bukanlah usia muda ataupun dewasa, tetapi merupakan usia matang. Hal ini harus menyadarkan semua civitas akademika Uniga, bahwa kampus harus terus bergerak ke depan dan mengukir banyak karya dan prestasi seiring dengan usianya yang semakin matang. Momentum dies natalis merupakan salah satu sarana untuk mempublikasikan karya-karya tersebut, dan sekaligus menunjukkan kepada masyarakat atas beberapa prestasi yang telah berhasil diperoleh. Bagaimanapun, di era digital informasi saat ini publikasi memegang peran penting tanpa publikasi yang baik dan tepat, maka semua yang kita lakukan akan kehilangan jejak. Dengan berbagai kegiatan yang semakin dinamis saat ini Uniga juga sedang giat-giatnya mengukir sejarah untuk membangun kebanggan terhadap almamater, baik bidang akademik maupun non akademik. Oleh karena itu, saya berharap agar semua kegiatan dalam Dies Natalis Uniga ke-20 tahun 2018 dapat terpublikasikan dengan baik, tepat sasaran, dan memiliki nilai strategis bagi kemajuan Uniga di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Ketua Panitia Dies Natalis 20 UNIGA Dr. Gugun Geusan Akbar, M.Si Selasa (28/11/2018) menjelaskan, kegiatan tersebut diatas merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis UNIGA yang ke-20 tentunya diselaraskan dengan Tema Dies Natalis tahun ini yaitu “Menjadikan Uniga sebagai Perguruan Tinggi yang Unggul dan Berkualitas di Tingkat Nasional” selain kegiatan tersebut masih ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya :

  1. Sabtu, 1 Desember 2018 acara BEM Art & Sport Competition, mulai pukul 08.00 yang akan dilaksanakan oleh BEM Fakultas Ekonomi Universitas Garut bertempat di Halaman Parkir Kampus Fekon Uniga.
  2. Sabtu, 1 Desember 2018 acara Maulud Nabi Muhammad Saw, mulai pukul 13.00 yang akan dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UNIGA) dengan tema Aktualisasi Diridengan Iman, Amal dan Taqwa melalui Keteladanan Rosulullah Saw.”
  3. Sabtu, 08 Desember 2018, Lomba Senam Aerobik & Zumba kategori antar fakultas di lingkungan Uniga dan kategori umum, dilaksanakan oleh Pogram Studi Penjas FPIK Uniga.
  4. Jum’at 14 Desember 2018 mulai pukul 08.00 Khitanan Masal kerjasama antara FPIK Universitas Garut dengan PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) cabang Garut, bertempat di Kampus Universitas Garut.
  5. Jum’at 14 Desember 2018 mulai pukul 09.00 Pelatihan UMKM mahasiswa Uniga dan Binaan PNM Persero Cabang Garut kerjasama antara akultas Pertanian Universitas Garut dengan PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) cabang Garut, bertempat di Kampus Universitas Garut
  6. dan Acara puncak Dies Natalis akan diwarnai Kegiatan Bazar, Karnaval dan Jalan Sehat serta pentas hiburan yang akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, 15 Desember 2018, mulai Pukul 07.00 Wib

Untuk kelancaran kegiatan tersebut, Panitia Dies Natalis Universitas Garut (UNIGA)  telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak termasuk melibatkan beberapa mahasiswa dalam kepanitian kegiatan tersebut, bahkan dalam peringatan Dies Natalis tahuni ini Uniga memperoleh dukungan dari salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan yaitu PNM Persero cabang Garut yang selama ini sudah menjalin kerjasama di berbagai kegiatan terutama dengan fakultas Pertanian Universitas Garut. (bar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *