Kerjasama dengan MKKS SMK, Fakultas Teknik UNIGA gelar Lomba Kompetensi Siswa bidang Elekctronic

Berita

 

Uniga Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Kabupaten adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. LKS ini setara dengan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. Pemenang LKS tingkat Kabupaten akan mewakili Kabupaten Garut di Tingkat Provinsi, di Tingkat Provinsi akan dicari yang terbaik yang akan mewakili LKS tingkat nasional yang nantinya akan mewakili  Indonesia ke ASEAN Skills(Kompetisi Keahlian tingkat ASEAN) dan World Skills International Competition (Kompetisi Keahlian tingkat Dunia).

Untuk tahun ini LKS tingkat kabupaten Garut bidang elekto dilaksanakan hari selasa (3/10) di Kampus Fakultas Teknik Universitas Garut (Uniga), sebanyak 3 SMK yang ada di Kabupaten Garut mengikuti lomba yang dislengarakan 1 hari. Lomba ini merupakan kerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Garut dengan MKKS SMK Kab. Garut

Dekan Fakultas Teknik Universitas Garut (Uniga) Drs.H.Muchtar, MSi. mengungkapkan lomba ini merupakan bentuk sinergitas atatara Perguruan Tinggi dengan SMK dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam peningkatan kompetensi dan menanamkan karakter positif siswa. “Kami menyabut baik dengan diselenggarakanya lomba kompetensi ini, terlebih fakultas teknik mempunyai jurusan yang bidangnya sama dengan bidang yang diperlombakan yaitu bidang electronic, dengan adanya lomba ini diharapkan bisa memfasilitasi dan ikut mengembangkan siswa yang mempunyai potensi dibidang electronic ” ungkapnya.

Muchtar menambahkan lembaga yang dipimpinya siap menerima siswa SMK  yang berasal dari jurusan electronic bahkan untuk menambah motivasi, Fakultas Teknik Uniga siap memberikan beasiswa bagi siswa yang memperoleh juara dalam lomba SMK bidang electronic ini.

Sedangkan H. Usman, MGMP Elektro SMK 2 Garut mengngukapkan Siswa yang mengikuti LKS adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat SMK Lomba Kompetensi Siswa ini diadakan setiap tahunnya. Penyelenggaraan LKS dilaksanakan Kemendikbud secara konsisten sejak tahun 1992 hingga tahun 2018. Dalam pengembangannya, LKS saat ini sudah masuk pada tingkat internasional dengan melibatkan Negara-negara ASEAN yang tergabung dalam South East Asia Creative Camp (SEACC Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada kompetisi keahlian tingkat internasional.

Candra Salah satu peserta dari SMK  Negeri 9 Garut merasa bangga bisa ikut lomba ini, siswa yang sehari-hari sudah bisa membuat sensor air dan sensor jarak ini berharap bisa meraih juara dan bisa bergabung dengan Fakultas Teknik Unig. (Abar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *