1.720 Mahasiswa Baru UNIGA ikuti PKKMB 2018

Berita

UNIGA – Berpedoman pada aturan yang telah dikeluarkan oleh Dirjen Kemenristek Dikti 2018 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), resmi dibuka dengan diselenggarakannya sidang terbuka Senat Universitas Garut (Uniga) di Halaman Kampus Uniga Jl. Samarang Hampor Garut, Sabtu, (15/09/2018).

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga (3) hari mulai dari tanggal 15 s.d 17 September 2018 tersebut, dihadiri oleh Ketua Senat Universitas Garut Prof. Dr. H. Endang Soetari, MS., Rektor Universitas Garut (UNIGA) Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng beserta jajaran pimpinan di lingkungan Universitas Garut (UNIGA), Dandim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Azis dan tamu undangan lainnya.

Rektor Universitas Garut (Uniga) Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng dalam sambutannya, mengatakan, PKKMB ini merupakan kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru. “Kegiatan ini akan menjembatani peserta didik dalam rangka menyiapkan mental dan memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan di kampus baik aspek akademik maupun aspek non akademik,” tuturnya.

Sudah selayaknya kegiatan PKKMB ini diisi dengan kegiatan – kegiatan yang mampu memberikan informasi kepada mahasiswa baru dan mampu mendorong mahasiswa baru untuk memahami suasana akademik yang ada di kampus Uniga. “Kegiatan ini juga diharapkan akan diperkenalkan dengan sistem pendidikan yang ada di perguruan tinggi dan juga diperkenalkan lembaga kemahasiswaan yang ada di Uniga. Program ini juga diharapkan menciptakan soliditas antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama serta antar program studi atau fakultas tidak ada ego fakultas/prodi yang harus dikedepankan jiwa memiliki Universitas Garut,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, saya sampaikan pula Universitas Garut baru saja memperoleh kebanggan atas kesukesan 5 mahasiswa Uniga yang mampu menyumbangkan medali emas dari Pencak Silat untuk Indonesia dalam event Asian Games 2018 yang barus saja ditutup, semoga prestasi ini menjadi motivasi dan tumbuh benih-benih atlet baru, bukan tidak mungkin dari 1.720 mahasiswa baru yang hadir dalam PKKMB kali ini ada telenta atau bakat yang berpotensi meraih prestasi yang membanggakan untuk itu terus berkomunikasi dengan bagian kemahasiswaan agar para mahasiswa yang berpotensi bisa diketahui oleh lembaga  dan diberi motivasi lebih lanjut, Rektor mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada para mahasiswa baru dan juga jajaran panitia yang telah berkomitmen untuk menjadikan kegiatan PKKMB Uniku 2018 – 2019 sebagai wahana silaturahmi dan interaksi positif menuju mahasiswa yang siap untuk menorehkan prestasi dimasa depan.

Ketua Pelaksana PKKMB Tahun Akademik 2018-2019 yang merupakan Wakil Rektor I bidang Akademik Dr. Ijudin, S.Ag., M.Ag dalam laporannya, mengatakan, kegiatan penerimaan mahasiswa baru secara keseluruhan dilaksanakan enam (6) gelombang, mulai dari tanggal 02 Januari – 08 September 2018.

“Jumlah Calon Mahasiswa yang mendaftar ke Uniga sebanyak 2.050 dan yang diterima sebanyak sebanyak 1.720 orang,  dengan rincian dari program Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 184 orang, Fakultas Ekonomi 485 orang, Fakultas Pertanian 172 orang, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam 266 orang, Fakultas Kewirausahaan 27 orang, Fakultas Ilmu Komunikasi 165 orang, Fakultas Pendidikan Ilmu Keguruan 220 orang, Fakultas Teknik 85 orang dan Pasca Sarjana 50 orang.

Keberhasilan Universitas Garut mencetak mahasiswa-mahasiswa berprestasi, menarik minat masyarakat untuk menempuh pendidikan di Uniga. Terbukti dengan adanya beberapa mahasiswa yang berasal dari luar Kota Garut bahkan dari luar negeri yaitu mahasiswa baru yang berasal dari Thailand. Latif salah satu mahasiswa baru yang berasal dari Thailand mengaku bangga dan senang bisa menempuh pendidikan yang sesuai dengan minatnya di Universitas Garut. “Semoga dengan saya menempuh pendidikan di Universitas Garut dapat berhasil dan sukses di kemudian hari” ucap Latif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *