Faperta Uniga, kembangkan budidaya Ayam Kampung Super lewat program PPUPIK

Berita Kegiatan

Uniga-Salah satu jenis ternak  yang banyak diminati oleh konsumen adalah daging ayam kampung.  Kondisi ini bisa dilihat  dari banyaknya rumah makan  yang menawarkan menu andalannya berupa daging ayam kampung.  Dengan  demikian peluang usaha untuk budidaya ayam kampung cukup tinggi, karena belum banyak peternak yang mengusahakan ayam kampung secara  intensif.

Kelemahan budidaya ayam kampung selama ini adalah  banyak masyarakat  yang memelihara ayam kampung dengan skala yang kecil dan dilakukan secara tradisional, sehingga tidak didapatakan keuntungan secara maksimal.    Masyarakat banyak yang memelihata ayam kampung dengan jumlah beberapa ekor yang digunakan hanya sebagai tabungan dan memenuhi kebutuhan keluarga saja. Teknis budidaya dilakukan dengan cara diabur dengan pakan yang seadanya tanpa memperhatikan nilai nutrisi dari pakan dan kebutuhan nutrisi dari ternak.

Berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan pertambahan bobot badan yang tinggi dari ternak ayam kampung, selama ini disamping menggunakan ternak ayam kampung unggul, Ayam  kampung  super atau ayam silangan adalah hasil kawin silang antara ayam kampung dengan ayam layer petelur ras. Munculnya ayam kampung  super dilatar belakangi oleh tingginya permintaan konsumen untuk menyediakan menu ayam kampung dan minimnya ketersediaan di pasaran. Maka terciptalah inovasi kawin silang bernama ayam kampung  super yang memeiliki performa mirip  dengan ayam kampung

Pertumbuhan ayam kampung super jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Ayam kampung super dapat dipanen setelah masa pemekiharaan dua bulan, sementara ayam kampung asli memerlukan waktu selama enam bulan. Performa yang ditampilkan oleh ayam kampung super tidak jauh berbeda dengan ayam kampung asli. Tapi hasil tersebut harus ditunjang dengan penggunaan bibit yang kualitasnya baik, pakan yang memenuhi kebutuhan nutrisi serta manajemen usaha yang benar.

Berdasarkan pengalaman kami selama ini, tidak terdapat perbedaan yang nyata harga antara ayam kampung super dan ayam kampung super. Sehingga budidaya ayam kampung super ini akan sangat menguntungkan. Itulah sebabnya kami mencoba untuk melakukan budidaya sendiri serta melakukan pembinaan terhadap para peternak.

Ke depan Fakultas Pertanian akan mencoba memberikan membuka pelatihan kepada masyarakat luas mengenai teknis budidaya aya, kampung super. Selain itu juga berencana untuk membuat pakan khusus untuk ayam kampung super, karena selama ini di pasaran belum terdapat pakan yang khusus untuk ayam kampung super. Pakan yang tersedia di pasaran adalah pakan untuk ayam pedaging ras. Hasil penelitian dari Fakultas Peternakan Universitas Garut, untuk menurunkan biaya produksi pada pakan, ransum komersial untuk pakan ayam pedaging ras dapat digunakan dengan dicampur dengan jagung dengan komposisi 70 pakan komersil dan 30 % jagung.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Star Energy dan Yayasan Sahabat Cipta yang memfasilitasi pengabdian masyarakat dalam pembinaan dan pendampingan masyarkat dalam budidaya ayam kampung super dan telah mendukung kami dalam mendirikan Agricenter Universitas Garut yang diketuai oleh Maryati Puspitasari, S.Pi., M.P.  Dimana kami sejak tahun 2015 telah melaksanakan pembinaan dalam bidang budidaya ayam kampung super kepada masyarakat terutama di daerah Pasirwangi.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenristekdikti  dan Universitas Garut yang telah memfasilitasi pengembangan Agricenter dalam budidaya ayam kampung super   lewat program PPUPIK (Program Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus). Program ini melibatkan Staf Dosen Universitas Garut yaitu Dr. Ir. Tendy Kusmayadi, MP dan  Mega Royani, SP., M.Si. Program ini juga melibatkan mahasiswa peternakan Fakultas Pertanian Universitas Garut yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam berwirausaha Lebih jauh diharapkan program ini dapat memberikan manfaat,  baik terhadap pengembangan dan transfer  ilmu pengetahuan,  pengembangan lembaga juga dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.  Ke depan kami berencana akan memfasilitasi pelatihan kepada masyarakat umum  tentang teknis budidaya ayam kampung super  sehingga peternak dapat menerapkan teknis budidaya dengan baik dan benar,  dari segi pemilihan genetik, pakan maupun manajemennya.  Kami juga akan mengembangkan Rumah Potong Unggas untuk meningkatkan nilai harga dari ayam kampung super juga melindungi harga jual ayam  dari peternak, sehingga peternak dapat memperoleh keuntungan yang stabil.

1 thought on “Faperta Uniga, kembangkan budidaya Ayam Kampung Super lewat program PPUPIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *