Tingkatkan Partisipasi Pemilih Muda, FISIP Uniga gelar Electainment on Campus

Berita Kegiatan

Garut – Fakultas Ilmu Sosial  dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Garut (UNIGA) menggelar Sosialisasi pemilih muda yang bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Jawa Barat dan Central Of Election and Political Party (CEPP) Fakulitas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia di halaman kampus FISIP Uniga Jl. Cimanuk 285A Tarogong Garut, (03/05).

Acara Electainment on Campus-Rock The Vote Indonesia Pilgub Jawa Barat 2018 ini dihadiri Perwakilan KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq, Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, Ketua KPUD Kab. Garut Hilwan Fanaqi, Ketua Panitia serta jajaran pimpinan Universitas Garut.

Perwakilan KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq mengungkapkan Pemilih Muda adalah Pemilih Cerdas. Pada tahun 2018, Provinsi Jawa Barat akan melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Mengacu proyeksi penduduk yang dilakukan oleh BPS Provinsi Jawa Barat tahun 2015, setidaknya terdapat 12,2 juta penduduk yang berada dalam rentangan usia tersebut, atau mencapai 28,3% dari total penduduk atau 37,2% bila dibandingkan dengan jumlah DPS Pilpres 2014 di Jawa Barat. Jumlah tersebut menunjukkan signifikansi suara Pemilih Muda dalam Pilgub Jawa Barat nanti. Pertanyaannya, seberapa besar peran Pemilih Muda dalam Pilgub Jawa Barat?

Dengan berlandaskan motivasi untuk mempersiapkan masa depan bangsa dan negara serta untuk menjaga agar Pilgub Jabar 2018 dapat berjalan dengan baik, dan menghasilkan output pilkada yang memiliki legitimasi untuk memimpin pemerintahan, maka program pendidikan politik untuk pemilih muda sangat penting dan mendesak untuk dilakukan. Untuk itu KPU Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan 30  PTN/PTS yang ada di wilayah Provinsi Jawa Barat, memandang perlu untuk melakukan fungsi pendidikan politik guna meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam Pilgub Jabar 2018.

Endun menambahkan ada 4 pesan yang akan kami sampaikan dalam acara ini yaitu “Pertama, Tidak menjadi penonton serta berpartisi aktif, Kedua Menjadi Pemilih yang cerdas dengan memahami visi misi para calon, ketiga bisa menjadi vionir melawan berita hoax dan yang terakhir mereka bisa mensosialisasikan atau mengajak  masyarakat luas dilingkunganya” ungkapnya.

Sedangkan Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng dalam sambutanya mengharapkan para pemilih muda bisa menjadi pemilih yang cerdas, yang bisa memahami beutul tentang kapasitas para calon kepala daerah, “Akan sangat beresiko apabila kita tidak berthati hati dalam memilih calon kepala daerah nanti, yang akan menerima imbasnya adalah kita sebagai masyarakat akan dirugikan selama lima tahun kedepan, jadi saya berharap para pemilih muda agar bisa berhati-hati, perhatikan rekam jejaknya, jangan pilih pemimpin yang suka berbohong, paling tidak kita harus memegang kriteria pemimpin yang baik menurut islam yaitu Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh”, ungkapnya.

Ketua Pelaksana Acara Electainment on Campus-Rock The Vote Indonesia Hasbi Shiddiq Fauzan mengatakan acara ini adalah gerakan pendidikan pemilih muda dibawah naungan CEPP FISIP UI yang berjejaring dengan 45 PTN/PTS se Indonesia, yang kali ini diselenggarakan oleh FISIP Uniga, Kegiatan Rock The Vote di antaranya belajar demokrasi, politik, dan pemilu dirancang dengan metode diskusi di ruang terbuka bersama dengan para Tutor Mahasiswa, baik tingkat sarjana maupun pasca sarjana. Para peserta akan dibagi menjadi kelompok-kelompok dan dibimbing oleh para Tutor Mahasiswa, Metode pendidikan pemilih muda ini diharapkan terjadi dialog antar pemuda yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

Electainment on Campus-Rock The Vote Indonesia yangdiselenggarakan di Kampus FISIP Uniga merupakan salah satu dari rangkaian gerakan pendidikan pemilih muda Electainment on Campus – Rock The Vote Indonesia di 30 PTN/PTS se Jawa Barat kerjasama KPU Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh 175 peserta. Acara ini turut dihadiri oleh Perwakilan KPU Provinsi Jawa Barat, KPUD Garut Serta Perwakilan CEPP FISIP UI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *