UNIGA jalin kerjasama dengan Komisi Informasi Jawa Barat

Berita

Garut – Universitas Garut (UNIGA) bersama Komisi Informasi (KI) provinsi Jawa Barat mengadakan penandatanganan MOU terkait dengan pelaksanaan keterbukaan informasi publik. MoU ini ditandatangani oleh Rektor Universitas Garut (Uniga) Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng dan Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Dan Satriana dalam sebuah acara upacara bendera bersamaan dengan peringatan Hari Kartini, Sabu (21/4) di Kampus Uniga Jl. Samarang No. 52A Tarogong Garut.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Dan Satriana mengungkapkan, niat kerja sama dengan perguruan tinggi sudah cukup lama, namun baru saat ini dapat terjalin. “Saya merasa dunia pendidikan khususnya Uniga , adalah perguruan tinggi swasta yang memiliki kredibilitas yang sangat baik di Priangan Timur, sehingga MoU ini membuka pintu masuk dari Komisi Inormasi untuk sama-sama bergandeng tangan dengan kekuatan yang ada di Uniga, yaitu mahasiswa dan para staf pengajarnya,” katanya

Ia meyakini dengan dunia akademisi ini akan bisa lebih berkembang memaknai MoU tersebut, sehingga untuk ke depannya, akan diterapkan lagi dalam bentuk-bentuk perjanjian spesifik, namun dalam bingkai rangkuman komisi informasi, apalagi dikatikan dengan agenda demokrasi pilkada serentak yang sebentar lagi akan dilaksanakan, “Kita melihat KPUD sebagai penyelanggara Pilkada belum sepenuhnya memberikan informasi yang menyeluruh tentang profile para calon kepala daerah yang nanti akan bertarung dalam pilkada, MoU ini bisa dijadikan gerbang antara KIP bersama Uniga dalam mensosialisasikan hal tersebut, misalnya bisa diawali dengan forum diskusi antara lembaga terkait,  intinya Kerja sama yang akan dijalin secara fleksibel, sesuai kebutuhan dan situasi yang ada, misal terkait pendidikan, bisa berupa penelitian mahasiswa atau ceramah umum. Dan ini menjadi awal yang baik  dan nanti akan berlanjut ke kampus lainnya” ujarnya.

Sedangkan Rektor Universitas Garut (Uniga) Dr. Ir. Abdusy Syakur Amin, M.Eng menyambut baik dengan adanya MoU ini tujuannya utama MoU ini untuk saling menunjang dalam pelaksanaan tugas bagi Universitas Garut, dalam bidang pendidikan, pelatihan, diskusi ilmiah, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan prinsip kekeluargaan, kemitraan dan saling memberikan manfaat. “Diberlakukanya undang-undang tentang keterbukaan informasi publik menjadi tantangan besar terhadap kesiapan bangsa untuk hidup pada informasi yang terbuka, ini membuat badan-badan publik dan institusi pemerintahan harus terbuka memberikan segala informasi yang dibutuhkan masyarakat, disinilah kita sebagai akademisi berkewajiban membuka ruang informasi tersebut melalui kegiatan-kegiatan diskusi, penelitan, pengebdian masyarakt dsb.”

“Kita berupaya membentengi informasi dengan pendidikan. Informasi itu sangat penting, Meskipun ada batasan yang harus dipahami oleh masyarakat. keterbukaan informasi publik acapkali diiringi dengan ketidakmampuan membedakan antara informasi yang bersifat publik maupun privat. Batasan ini bila diterapkan dengan baik akan menciptakan informasi yang seimbang” (Abar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *