Camat Cihurip Apresiasi Kreativitas Mahasiswa KKN UNIGA

Berita

Garut – Mahasiswa Universitas Garut (Uniga) selama satu bulan telah menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2018 di Kecamatan Cihurip Kab.Garut. Kegiatan KKN Tematik Uniga ini di akhiri dengan melaksanakan acara Lokakarya Kecamatan di Kantor Kecamatan Cihurip Kab. Garut Selasa (27/3) siang.

Dalam Lokakarya tersebut sebanyak 8 Kelompok KKN yang tersebar di 4 Desa yang berada di Wilayah Kec. Cihurip mempresentasikan program kerjanya selama satu bulan, ikut hadir dalam acara tersebut Camat Kec. Cihurip, Wakil Rektor bidang kemahasiswaan, Para Dosen Pembimbing serta para Kepala Desa yang ada di wilayah Kec. Cihurip.

Dalam sambutanya Camat Kec. Cihurip H. Asep Harsono HS S.Sos, M.Si.  mengapresiasi kreativitas para mahasiswa peserta KKN Tematik Uniga “Penilaian kami sangat baik, termasuk untuk masalah pribadi dan kelompok sangat baik, dari disiplin, inovasi hingga kreatifitas mereka itu sangat membantu program kami, atas nama masyarakat Kec. Cihurip saya menyampaikan terima kasih karena selama satu bulan tidak henti-hentinya para peserta KKN membuat program yang sangat menyentuh masyarakat setempat, salah satunya dalam pemasaran Gula Semut, mereka begitu sangat menginspirasi serta memotivasi sehingga banyak masyarakat yang berat melepas saat mereka harus kembali ke kampus, meraka begitu sangat diterima ditengah tengah masyarakat” ungkap Asep.

Asep menambahkan ada beberapa program kerja yang kami apresiasi selain produk Gula Semut salah satunya yaitu program Agrowisata yang sebenarnya menjadi fokus kami kedepan, apalagi di Universitas Garut telah dibuka Program Studi Pariwisata semoga ini bisa membantu kami, dimana di wilayah cihurip ada beberapa tempat yang bisa dijadikan destinasi wisata unggulan.

Sedangkan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Dr. Gugun Geusan Akbar, M.Si dalam sambutanya menyampaikan banyak tersima kasih kepada masyarakat Kec. Cihurip khususnya kepada Camat Cihuri yang telah menerima mahasiswa Uniga untuk melaksanakan KKN di Wilayah Cihurip. “Atas nama Lembaga Univesitas Garut kami menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dan penerimaan yang begitu sangat bersahabat dari masyarakat Kec. Cihurip terutama Bapak Camat serta seluruh perangkat desa yang telah membantu Mahasiswa Uniga dalam melaksnakan aktivitas KKN, dari mulai menyediakan tempat pemukiman serta ikut mendukung dalam pelaksanakan program dilapangan” ungkap Gugun

Salah satu koordinator wilayah KKN Kec. Cihurip  Asep Tutun Usman, S.Ag., M.Pd. yang juga merupakan Dosen Pembimbing Lapangan, mengungkapkan Mahasiswa banyak melakukan kegiatan salah satunya program unggulan dengan membuat teknik pemasaran Gula Semut yang mana tadinya oleh masyarakat setempat dipasarkan secara konvensional tapi oleh peserta KKN disulap bagaimana Gula semut ini menjadi produk unggulan, dimana pemaaranya tidak hanya dikembangkan di Pasar tradisional tapi mulai merambah ke pasar Moderen, selain itu ada juga salah satu prodak unggulan lainya yaitu pembuatan popuk organik, program ini diinisasi oleh mahasiswa yang berasal dari fakultas pertanian. Program ini memang disiapkan jauh harim karena kami menyadari Kec. Cihurip ini secara umum masyarakatna berlatar belakang Petani dan bercocok tanam. (abar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *