Dorong Mahasiswa jadi Wirausahawan Sukses, UNIGA jalin Kerjasama dengan Kemendes PDTT

Berita Kegiatan

Garut – Universitas Garut (UNIGA)  menjalin kerjasama dengan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT)sebagai upaya menciptakan Wirausaha di kalangan mahasiswa. Kerjasama itu ditandai dengan kagiatan yang bertajuk “Training Need Analysis Kewirausahaan Kerjasama Kemendes PDTT dengan Universitas Garut” yang dilaksanakan di Kampus Uniga Jl. Samarang No. 52A Garut, Kamis (15/02).

Sekretaris Badan Penelitian Pelatihan dan Informasi Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Drs. Jajang Abdullah, MM. mengungkapkan Training Need ini merupakan kegiatan untuk menganalisis kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh mahasiswa yang notabene sudah menjadi wirausaha, hal ini untuk menggali lebih luas potensi yang ada, diharapkan dengan kehadiran kita disini akan bermunculan ide, gagasan serta apa saja yang menjadi kendala selama ini dalam usahanya mengembangkan kewirausahaan para mahasiswa Universitas Garut. “Tadi saya sudah berbicara banyak dengan pak Rektor dan ternyata di Universitas Garut ini sudah banyak mahasiswa yang sudah menjadi seorang Wirausahawan, dan untuk memperkuat eksistensi mereka, kegiatan ini bisa menjadi rule model bagi mahahsiswa lainya” ungkapnya.

Sedangkan Rektor Universitas Garut (UNIGA) Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengungkapkan dengan kerjasama ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan bimbingan kepada mahasiswa untuk menggali semangat kewirausahaan serta memperkuat eksistensi mereka yang sudah merintis menjadi wirausahawan muda.

“Kami berharap Kehadiran Kemendes PDTT , betul-betul bisa lebih menggali kreativitas mahasiswa, kerjasama ini sejatinya untuk mendidik, melatih dan membina mahasiswa Uniga menjadi entrepreneur atau wirausahawan muda yang sukses sehingga tidak harus melulu berotientasi mencari lapangan pekerjaan tapi justru sebaliknya menciptakan lapangan pekerjaan” Ungkap Rektor.

Ditambahkan Rektor “Pak Jajang ini datang ke Garut, selain pulang kampung membangun tanah kelahiranya juga Ini merupakan pintu dan titik tolak kita untuk saling berbagi, bekerjasama untuk melahirkan entrepreneur baru yang sukses dikalangan mahasiswa, untuk itu saya sangat berterima kasih beliau bisa hadir dan menjalin kerjasama dengan Universitas Garut” Ungkapnya.

Kegiatan Training Need Analysis Kewirausahaan ini menurut Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan Dr. Gugun Geusan Akbar, M.Si merupakan salah satu tahapan dimana setelah kegiatan Training Need Analysis akan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Kemendes PDTT dengan Universitas Garut  dan diakhiri dengan kegiatan Pelatihan bagi 30 mahasiswa Unversitas Garut yang merupakan Perwakilan dari 7 Fakultas yang ada di Uniga. Masih menurut Gugun, ke 30 orang mahasiswa ini adalah mahasiswa yang telah merintis dan sudah menjadi seorang wirasusahawan di berbagai bidang usaha. “Diharapkan dengan kegiatan ini bisa lebih menggali potensi mereka serta menjadi bagian dari solusi atas kendala yang mereka hadapi selama merintis menjadi seroang wirasuahawan sehingga bisa membuka ruang bagi kesuksesan dimasa yang akan datang”. ungkap Gugun. (abar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *