Indonesia Power dan UNIGA dirikan Koperasi di KP. Pelag

Garut –Tindak lanjut kerjasama yang telah terbangun antara PT. Indonesia Power UBP Kamojang dengan Universitas Garut (UNIGA), Jumat, (12/05) bertempat di Kp. Pelag Ds. Sukalilah Kec. Sukaresmi Kab. Garut dilaksanakan forum sosialisasi dalam rangka penguatan kelembagaan ekonomi di daerah tersebut. Hadir dalam acara tersebut Perwakilan dari PT. Indonesia Power UBP Kamojang Supervisor Senior & Humas Heri Hermawan, Re
ktor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Uniga Prof. Dr. Hj. Ieke Sartika Iriany, MS. Ketua Bidang Kerjasama Uniga Widaningsih, SH, M.Si, Kepala Desa Sukalilah Asep Haris serta para tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutanya Perwakilan PT. Indonesia Power UBP Kamojang Heri Hermawan, mengungkapkan penguatan kelembagaan ekonomi ini merupakan kelanjutan kerjasama yang telah terbina dengan Kp. Pelag, pembentukan kelembagaan lain sudah dilaksanakan misalanya dalam bidang pendidikan dan peningkatan Sumber Daya Manusia yaitu pengentasan buta aksara yang juga melibatkan Universitas Garut. “Hari ini kita mulai akan melakukan penguatan kelembagaan ekonomi dengan mendirikan Koperasi, lembaga ini hadir atas dasar keinginan masyarakat yang disesuaikan dengan potensi serta sumber daya alam yang ada, kita sudah dengar tadi bahwa masyarakat Kp. Pelag ingin lepas dari para tengkulak dan spekulan serta kedepan mudah mudahan tidak hanya bisa menjadi buruh tani saja tetapi dengan adanya koperasi ini bisa menjadi petani atau pengusaha, keinginan yang kuat ini merupakan alasan kenapa kerjasama ini kita laksanakan kembali, kita berharap setelah terbetuknya koperasi masyarakat Kp. Pelag bisa memanfaatkan lembaga ini semaksimal mungkin hingga bisa menjadi penggerak ekonomi di Kp. Pelag” ungkapnya.

Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng dalam sambutanya mengucapkan terima kasih karena telah dipercaya kembali oleh PT. Indonesi Power untuk ikut membantu masyarakat Kp. Pelag dalam penguatan kelembagaan ekonomi dengan membentuk Koperasi, “Kami masih ingat 6 tahun yang lalu pernah berkunjung ke Kp. Pelag dalam rangka melaksanakan program yang juga merupakan kerjasama dengan Indonesia Power yaitu pengentasan buta aksara, dan alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan, terbukti banyak masyarakat Kp. Pelag yang sudah terbebas dari buta aksara bahkan ada beberapa yang bisa melanjutkan sampai ke jenjang perguruan tinggi, pola pikir tentang pendidikan mulai berubah bahkan keinginan membentuk lembaga koperasi merupakan hasil peningkatan pola pikir dan orientasi masyarakat Kp. Pelag yang benar benar ingin maju dan mandiri, kami berharap dengan terbentuknya Koperasi masyarakat Kp. Pelag secara ekonomi memperoleh peningkatan”

Senada dengan Rektor Uniga, Kepala Desa Sukalilah Aseh Haris mengengkapkan kegembiraanya menerima kunjungan dari Indonesia Power dan Uniga “Pertanda baik apalagi yang akan diterima Kp. Pelag, setelah beberapa kali memperoleh kunjungan pihak pihak yang terhormat, sekarang kita memperoleh kunjungan dari Indonesia Power dan Uniga terlebih Pak Rektor hadir langsung dalam acara ini, sebuah kehormatan yang sangat besar ketika kampung kami memperoleh kunjugan para tokoh penting dan ternyata kunjugan ini berbuah manis dengan akan didirikanya Koperasi, Lembaga koperasi ini sudah lama kami tunggu, kerana mayoitas penduduk kami adalah bertani dan bercocok tanam sehingga sangat membutuhkanlembaga yang bisa mendorong agar hasil pertaniannya bisa meningkatkan perekonomian kampung kami.” Ungkap Haris.

Pembentukan koperasi ini didahuli dengan melakukan Sosialisasi. Widaningsih, SH. M.Si salah satu inisiator kerjasama ini mengungkapkan setelah dilaksanakan sosialisasi dalam waktu dekat akan dilaksanakan pelatihan bagi masyarakat setempat terutama bagi para calon pengurus agar nantinya mereka bisa menjalankan lembaga koperasi ini, karena banyak conok koperasi tidak bisa berjalan maksimal karena faktor SDM yang kuran bisa menjalankan, “meskipun nantinya pelatihan sudah selesai dilaksanakan, tim kami akan terus melakukan pendampingan sehingga koperasi ini benar benar bisa berjalan serta memberikan hasil yang maksimal bagi masyarakat setempat”. (abar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *