Bantu Tingkatkan IPM Garut, UNIGA segera buka 6 Program Studi Baru

Berita

Garut – Keberadaan dunia pendidikan dari tahun ke tahun telah banyak mengalami kemajuan, apalagi bidang pendidikan merupakan salah satu unsur menentukan dalam meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM),  penyedia pendidikan dituntut untuk selalu meningkatkan kualitasnya baik akademik, nonakademik maupun fasilitasnya. Hal itulah yang menjadi dasar pengembangan pendidikan salah perguruan tinggi yang ada di Kab. Garut yaitu Universitas Garut.

Di usianya yang  telah mencapai 18 tahun, Uniga terus berusaha menjadi Perguruan Tinggi yang selalu menjawab menjawab berbagai tuntutan serta menjadi bagian dari solusi dari kebutuhan pendidikan masyarakat khususnya di Garut dan Jawa Barat pada umumnya.

Saat ini Uniga telah menyediakan 15 program studi yang telah berjalan dari 7 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana , diantaranya Ilmu Administrasi S2, Manajemen Pendidikan Islam S2 (Pascasarjana), Prodi Ilmu Administrasi Negara (Fisip), Manajemen S.1, Akuntansi S.1, Akuntansi D3 (Fekon), Ilmu Komunikasi S1 (Fikom), Peternakan, Agroteknologi, Teknologi Pangan (Faperta), Pendidikan Agama Islam S.1, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah S.1 (FPIK),  Teknik Elektro S1, Teknik Telekomunikasi D3 (Teknik), Farmasi S1 (FMIPA) tentunya untuk menjawab tantangan akan kemajuan dunia pendidikan angka tersebut dapatlah dikatakan cukup baik, namun Uniga tidak hanya berhenti dijumlah itu saja, terbukti Uniga saat ini telah mengajukan 6 program studi baru yang insya allah secara bertahap izinya akan segera terbit.

Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng mengungkapkan diraihnya Akreditasi Institusi B memotivasi kami untuk terus mengembangkan pendidikan dengan sebanyak mungkin membuka program studi baru yang sesuai dengan potensi Kab. Garut, saat ini Uniga sedang  menunggu izin remsi 6 prodi baru. “Izin prodi baru ini  dalam waktu dekat Insya Allah akan segera kami terima, capaian ini  merupakan hasil kajian mendalam para akademisi Uniga yang disesuaikan dengan potensi yang dimiliki Kab. Garut, sejatinya Uniga ingin membantu program pemerintah dengan meningkatkan IPM dengan membuka program studi baru diharapkan masyarakat Garut khusunya bisa terdorong dan banyak pilihan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, sementara ini yang kita lihat keterbatasan jurusan yang ada di kabupaten garut menjadi salah satu penyebab minimnya SDM dengan lulusan sarjana, tentunya peran pemerintahpun sangat kita tunggu yaitu dengan menambah program beasiswa bagi masyarakat Garut” Ungkap Rektor.

Rektor menambahkan saat ini selain melakukan penambahan prodi baru, Uniga pun terus berbenah dengan memperluas Kampus dengan total luas area 6 Hektar  dengan penambahan kelas baru serta fasliltas penunjang lainnya seperti Gedung Olah Raga. Saran olah raga ini mutlak dimiliki terlebih satu prodi baru yang akan segera dibuka yaitu Pendidikan Olah Raga (Pendidikan jasmani Kesehatan dan Rekreasi “PJKR”), selain itu Uniga merupakan penyumbang Atlet berprestasi yang selalu membawa nama harum Kab. Garut di setiap event olah raga nasional maupun internasional.

Ke enam program setudi baru itu diantaranya Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 (PGSD), Pendidikan Olah Raga S1 (Pendidikan jasmani Kesehatan dan Rekreasi “PJKR), Kimia S1, Sosial dan Ekonomi Pertanian S1,  Pariwisata S1 serta Kewirausahaan S1. (Abar)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *