1.635 Mahasiswa UNIGA ikuti kegiatan PKKMB

Berita

Garut – Memasuki Tahun Ajaran (TA) baru 2016-2017 Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Garut (Uniga) dilakukan oleh Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng di halaman kampus Uniga Jl. Raya Samarang 52A, Jumat (23/9). Dikuti 1.635 mahasiswa baru, pembukaan juga digelar resmi dengan sidang terbuka Senat Uniga yang dipimpin langsung oleh rektor. Kegiatan khusus mahasiswa baru ini di agendakan selama tiga hari di Kampus Uniga, (23-25/09/2016).  Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng menyampaikan bahwa saat ini tidak dikenal lagi istilah lain dalam pengenalan kehidupan kampus berupa Ospek maupun Mabim. Pada tahun ini diganti dengan istilah Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). “Yang terpenting dalam PKKMB ini ialah tidak boleh ada lagi kekerasan dan perpeloncoan. Melainkan lebih kepada pengenalan kehidupan berbangsa dan bernegara, selain mengenal kehidupan kampus, oleh sebab itu sebelum melakukan PKKMB ini seluruh mahasiswa baru Uniga diwajibkan melaksanakan Program Pendidikan Bela Negara yang dilakukan sebelumnya selama 4 hari di Yonnif raider 303/SSM Cibuluh Garut” jelas Syakur.

Rektor menambahkan tahun ini jumlah mahasiswa baru meningkat 15% dibandingkan tahun kemarin. “Jumlah keseluruhan mahasiswa Uniga saat ini adalah 5.921 orang” tambahnya.

Dilaporkan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Uniga Dr. Gugun Geusan Akbar M.Si pada tahun ini terdapat lebih dari 2.220 mahasiswa yang mendaftar. Namun setelah diseleksi akhirnya Uniga menerima 1.6635 mahasiswa. “Keseluruhan mahasiswa tersebut berasal dari Program Pascasarjana berjumlah 51 orang, FISIP 144 orang, Fakultas Ekonomi 589 orang, Fakultas Pertanian 132 Orang, Fakultas MIPA 433 orang, Fakultas Teknik 55 orang, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan 96 orang, dan Fakultas Komuniasi 157 orang.” ujarnya.

Seluruh pelaksanaan kegiatan tersebut sepenuhnya merujuk pada Edaran Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswa
an Kemenristekdikti RI Nomor : 253/B/SE/VIII/2016 Tanggal 16 Agustus 2016 Tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru.

Sementara itu, Dr. H. Suherman, SH,M.Si., yang merupakan Staf Ahli Bupati Garut bagian politik dan hukum, menyampailam apresiasinya dengan perkembangan Uniga.  Ia berharap, Uniga menjadi salah satu Universitas terdepan dalam mencetak generasi cerdas penerus bangsa, khususnya di daerah Kabupaten Garut dan bisa mempertahankan kepercayaan masyarakat.

Ayu Hilda salah seorang mahasiswi baru dari fakultas ekonomi (FE) mengaku bangga dan senang bisa menjadi bagian dari keluarga universitas garut.

“Semoga dengan Saya menempuh pendidikan disini, Saya bisa menggapai apa yang selama ini dicita-citakan,” tuturnya, seraya melempar senyum simpulnya. (Abar)***

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *