Bentuk kerja nyata Uniga, Mahasiswa KKN siapkan 5 program unggulan

Berita Kegiatan

Garut – Ketua Panitia KKN Uniga 2016 Prof, Dr, Ieke Sartika Iriany, MS. Mengungkapkan dalam upaya meningkatkan kontribusi bagi masyarakat setempat, peserta KKN Tematik Uniga yang berjumlah 926 mahasiswa yang tersebar 6 Kecamatan dan 42 desa di Garut Selatan memunculkan beberapa program unggulan diantaranya :

Pertama : Program Simulasi Penanggulangan Bencana Alam, program ini bekerjasama dengan BPBD Kab. Garut yang akan melibatkan beberapa pihak yaitu PMI Garut, Perangkat Kecamatan/Desa, Polsek, Koramil, Mahasiswa serta yang terpenting adalah Masyarakat Setempat. Waktu kegiatan rencananya akan dilaksanakan pada Tanggal 20 Agustus 2016 di Desa Jagabaya, Kec, Mekarmukti Kab. Garut. Program Simulasi ini dilatarbelakangi oleh kondisi daerah setempat yang merupakan daerah rawan bencana. Uniga dalam hal ini peserta KKN tematik 2016 dibatu oleh BPBD Kab. Garut ingin memberi pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penanggulangan Bencana sedini mungkin.

Kedua : Program Sosialisasi Pilkada 2018 terhadap para pemilih pemula, program ini bekerjasama dengan KPUD Garut. Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2016 bertempat di Kec. Cisompet. Uniga dan KPUD Garut berharap kegiatan ini bisa dihadiri oleh mayoritas masyarakat setempat terutama para pemilih pemula, rencananya kegiatan tersebut akan dihadiri para perangkat Kecamatan beserta Desa, Koramil. Polsek dan beberpara kelompok kepemudaan daerah setempat. Kegiatan ini dipandang perlu karena Pilkada salah satu kegiatan politik untuk menentukan nasib bangsa kedepan.

Ketiga : Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa, dilatarbelakangi dengan lahirnya UU Desa, Uniga memandang perlu persiapan yang matang dalam pelaksanaan UU tersebut terutama dalam hal pengelolaan keuangan desa. Perlu persiapan peningkatan SDM perangkat desa dalam pengelolaan keuangan desa agar dikemudian hari tidak terjadi penyimpangan serta bisa tetap memgang azas tranfaransi serta akuntabilitas publik. Seperti diketahui Pemerintah Pusat mencanangkan Desa akan menjadi motor penggerak pembangunan nasional, tentunya sejumlah dana yang cukup besar akan disalurkan ke desa desa yang ada dipelosok tanah air termasuk ke daerah Kab. Garut.  Mahahsiswa Uniga berkewajiban mengawal program pemerintah tersebut dengan memberikan bimbingan teknis berupa pengelolaan keuangan desa, hal ini sinergi dengan Fakultas Ekonomi jurusan Manajamen maupun akuntansi yang sedikt banyak bisa memberikan sumbangsih pemikiran terhadap masyarakat setempat. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Kec. Pameungpeuk dan Cikelet pada tanggal 23 Agustus 2016.

Keempat  : Program Pengobatan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, program ini telah dilaksanakan ditingkat desa terutama di Desa Cigarongong Kec. Cibalong Kab. Garut. Kegiatan ini selaras dengan kapasitas Uniga yang mempunyai Program Studi Farmasi. Menurut Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Mulyaningish, M.Si “ Alhamdullilah kegiatan ini disambut sangat antusias oleh mayarakat setempat, meskipun hanya pengobatan dan pemeirisaan mendasar dengan meberikan obat obatan tapi paling tidak kegiatan ini bisa menunjukan rasa empati mahasiswa Uniga terhadap Kondisi mayarakat setempat”, imbuhnya.  Kegiatan ini dilaksanakan Sesuai arahan Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amin, M.Eng bahwa dalam KKN Tematik Uniga 2016 semua fakultas harus bisa memberikan kontribusi nyata sesuai dengan bidang keilmuan masing masing.

Kelima : Bimbingan Teknis BUMDES, program bimtek  ini sesuai usulan dari para kepela desa yang ada di Kec, Cibalong. Kegiatan ini akan dilaksanan di Kec. Cibalong dan waktu pelaksanakan akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustu 2016.  Menurut Ketua Panitia Prof. Dr. Ieke Sartika Irinany, MS. Kegiatan ini diharapkan bisa memberikan wawasan dan bekal kepada para perangkat desa yang akan membentuk Badan Usaha milik Desa, “kami sudah mempersiapkan, para mahasiswa dibantu oleh para dosen sudah siap mensosialisasikan progra ini” ungkapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *