Masuki dunia kerja, FEKON UNIGA gelar Seminar Investasi dan Pasar Modal

Berita Kegiatan

Uniga – Pasar modal adalah wahana mempertemukan pihak yang membutuhkan dana jangka panjang dan pihak yang membutuhkan sarana investasi pada instrumen finansial. Di Indonesia, keberadaan pasar modal diaktifkan pada 1970 dan berkembang dengan pesat di awal tahun 90-an. Demikian ungkap Hari Mulyono Kepala Perwakilan IDX Area Bandung dalam Seminar Investasi dan Pasar modal, Selasa (10/5) yang terselenggara atas kerjasama Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Garut dengan IDX dan PT. Sinarmas Sekuritas bertempat di aula lantai 3 Gedung Fakultas Ekonomi Uniga pada Senin. Seminar ini di hadiri oleh mahasiswa di lingkungan Fakultas Ekonomi Uniga.

Seminar yang dibuka langsung oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi Uniga bidang Akademik, H. Budiman, SE., M.Si dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung kegiatan yang bersifat ilmiah ini dimana kita menggabungkan pelaksanaan teori-teori yg telah diberikan di fakultas sehingga bisa mengaplikasikan ilmu yg didapat itu secara praktis di masyarakat karena ujung tombak kemajuan indonesia letaknya di generasi muda dan mahasiswa.

Seminar ini diinisasi oleh Program Studi Akuntansi S.1 Fekon Uniga, menghadirkan dua pembicara yaitu Hari Mulyono Kepala Perwakilan IDX Area Bandung dan Randhy Thahjadi, SH Regional Manager PT. Sinarmas Sekuritas dan dari Fakultas Ekonomi ikut hadir Ketua Program Studi Akuntansi S.1 Dr. Muslim Alkautsar, SE. M.Si.

Saat dimintai keterangan Ketua Program Studi Akuntansi S.1 Fekon Uniga Dr. Muslim Alkautsar, SE. M.Si. mengungkapkan Seminar ini dilaksanakan dalam upaya lebih memperkenalkan Investasi dan pasar modal, “jika dipahami secara benar  investasi dan pasar modal merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, kedua hal ini mutlak harus dikuasi oleh mahasiswa ekonomi khususnya bidang akuntansi sebagai bekal nanti saat mahasiswa memasuki dunia kerja atau bahkan saat mereka memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha”. Ungkapnya. Lebih lanjut muslim mengungkapkan seminar ini diadakan sebagai jawaban dari perkembangan tekonolgi informasi yang semakin dinamis. Sebagai tindak lanjut dari seminar ini kedepan tidak hanya sebatas seminar tetapi akan dilakukan simulasi yang dikemas dalam bentuk workshop, sehingga mahasiswa bisa terjun langsung bagimana cara berinvestasi yang benar.

Harapan dari seminar ini dapat  memberikan motivasi yang besar serta keterampilan kepada mahasiswa tentang investasi dan pasar modal sehingga kedepan bisa berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan juga pengembangan keterampilan bagaimana bekerjanya sebuah pasar modal serta bagaimana sebuah investasi.

Hal senada diungkapkan oleh salah satu pembicara dari PT. Sinarmas Sekuritas,  Randhy Thahjadi, SH. mengungkapkan sementara ini Investasi dan Pasar modal adalah ssuatu yang asing dikalangan masyarakat khsusunya mahasiswa, padahal jika kita cermati kedu ahal ini merupakan instrument utama dalam menopang perekonomi suatu negara, dan mahasiswa merupakan kalangan masyarakat yang harus terdepan menguasi persoalan investasi dan dasar modal ini, “jika bisa dipahami oleh para mahasiswa investasi dan pasar modal bisa dijadikan bekal nanti ketika mereka lulus, mereka tidak akan berkutat dalam masalah bagimana mencari kerja tapi mereka akan lebih tertarik bagimana menciptakan dunia kerja, terlebih dunia teknologi dan informasi menjadi penyangga utama perekonomian dunia, investasi dan pasar modal mutlak harus dikuasai oleh masahasiwa”. Ungkapnya. (Abr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *