PT. Indonesia Power gandeng Uniga untuk dirikan Koperasi di Kp. Pelag

Berita

Uniga – Sebagai tindak lanjut dari kerjasama yang telah terjalin antara Indonesia Power dengan Universitas Garut, kedua lembaga tersebut dalam waktu dekat  akan membentuk koperasi serba usaha. Koperasi tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan serta mendukung laju perekonomian masyarakat Kp. Pelag,  Ds. Sukalilah, Kec. Sukaresmi Kab. Garut.

Kepala Bidang Kerjasama Uniga Widaningsih, SH. M.Si ketika dimintai keteraangan saat memimpin sosialisasi di Kp. Pelag mengungkapkan Uniga untuk kesekiankalinya dipercaya oleh PT. Indonesia Power UBP Kamojang Garut untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat, dan kali ini kita diberi kepercayaan untuk melakukan pendampingan dalam pembentukan Koperasi di Kp. Pelag, “kerjasama ini merupakan bentuk nyata kepercayaan yang diperoleh dari lembaga eksternal terhadap Uniga, dan jujur kami sangat bangga melaksanakan kerjasama ini, semoga kerjasama ini bisa mewujudkan terbentuknya Koperasi di Kp. Pelag sehingga bisa mendorong perekonomian masyarakat setempat”. Ungkap wida.

Sedangkan Muchamad Romdhon, SE. M.Si.  konsultan koperasi yang juga dosen akuntasi di Universitas Garut mengungkapkan, “melihat kondisi sosial, budaya serta ekomomi masyarakat Kp. Pelag yang mayoritas masyarakatnya adalah petani, kehadiran lembaga koperasi untuk menopang aktivitas mereka menjadi sebuah kebutuhan yang sangat mendesak,  konsep koperasi serba usaha meruapan konsep yang sangat cocok untuk masyarakat Kp. Pelag, meskipun saat melakukan sosialisasi mayoritas masyarakat kp. Pelag tidak mengetahui apa dan bagaimana kegunaan koperasi, umumnya mereka awam terhadap keberadaan koperasi, tapi hal tersebut bukan merupakan kendala besar karena seiiring dengan dilakukannya sosialisai permasalahan atersebut akan segera terpecahkan” ungkanya.

Sosialisasi pembentukan koperasi yang dilakukan pada hari Jum’at (1/4) bertempat di rumah penduduk Kp. Pelag telah menghasilkan beberapa kesepakatan diantaranya membuat strutur kepengurusan serta dewan pengawas koperasi sebagai salah satu syarat awal terbentuknya koperasi di wilayah tersebut. Salah satu tokoh pemuda Kp. Pelag Aceng Buldan mengungkapkan kegembiraanya atas program pembentukan koperasi ini, buldan mengatakan “sangat berterima kasih kepada PT. Indonesia Power dan Universitas Garut yang dari awal terus memberikan bantuan hingga wilayah kami sekarang benar benar telah berubah, adanya aliran listrik dan dibangunaya sekolah dasar salah satu bentuk kontribusi kedua lembaga tersebut” ungkapnya.

Pembentukan koperasi ini merupakan bentuk implementasi dari program CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Indonesia Power UBP Kamojang, dalam hal ini IP mengajak Uniga sebagai lembaga perguruan tinggi yang punya kapasitas untuk melakukan pendampingan dalam pembentukan Koperasi tersebut.

Kp. Pelag yang terletak di Ds. Sukalilah Kec. Sukaresmi, Kab. Garut dulunya merupakan daerah yang cukup terpencil dan terisolasi. Namun seiring dengan kehadiran PT. Indonesia Power wilayah tersebut berangsur lepas dari zona ketertinggalan hal tersebut ditandai dengan telah dibangunnya prasarana jalan yang dulunya sulit ditembus oleh masyarakat luar yang ingin berkunjung ke daerah tersebut, selaian itu Indonesia Power dengan menggandeng Universitas Garut telah melaksanakan beberapa program diantaranya program pengentasan buta aksara sehingga yang sebelumnya hampir 99% penduduk tersebut buta aksara kini mereka bisa mengenal dan membaca hurup latin serta berangsur bisa merubah pola pikir masyarakat akan kesadaran menyekolahkan anak anaknya di sekolah formal yang telah disediakan oleh PT. Indoensia Power. (Abar)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *